Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kemenangan Pertama Inggris Atas Brasil Sejak 1990

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 7 Februari 2013 | 05:03 WIB
Frank Lampard
Getty Images
Frank Lampard

Inggris akhirnya kembali menang atas Brasil setelah menanti selama 23 tahun di pertandingan persahabatan, Kamis (7/2) dini hari WIB, di Stadion Wembley. Dua gol kemenangan The Three Lions dicetak Wayne Rooney dan Frank Lampard, sedangkan satu gol balasan tim Samba diciptakan Fred.

Seisi Wembley mengheningkan cipta sebelum pertandingan bergulir untuk mengenang legenda Inggris Bobby Moore, salah satu pemain yang selamat dalam tragedi Muenchen 55 tahun silam. Moore meninggal 20 tahun lalu karena kanker.

Mengandalkan pemain-pemain dengan kualitas permainan individu di atas rata-rata seperti Ronaldinho dan Neymar, Brasil mendominasi di awal pertandingan. Kendati demikian, serangan balik Inggris juga begitu membahayakan.

Dua penjaga gawang baik Joe Hart maupun Julio Cesar tampil begitu gemilang di partai ini dengan melakukan beberapa penyelamatan hebat. Yang paling mencolok saat kiper Queens Park Rangers menepis tandukan Wayne Rooney pada menit ke-11. Sementara itu, Joe Hart mampu menahan eksekusi tendangan Ronaldinho dari titik putih setelah Jack Wilshere melakukan handball di dalam kotak terlarang.

Akan tetapi, pada menit ke-26 berawal dari penetrasi Theo Walcott, Inggris membuka keunggulan 1-0. Saat itu Walcott berhasil melepaskan tembakkan yang mampu ditepis Cesar, namun bola justru mengarah ke kaki Rooney yang langsung melepaskan tendangan keras dan tidak lagi sanggup dibendung Cesar.

Di paruh kedua perubahan strategi besar dilakukan pelatih Brasil, Luis Felipe Scolari dengan mengganti Luis Fabiano, Ronaldinho, dan Ramires dengan Fred, Arouca, serta Lucas Moura. Upaya tersebut terbukti membuahkan hasil positif.

Tidak butuh waktu lama bagi Brasil untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-48 penyerang yang baru masuk, Fred, mampu menyamakan skor 1-1.

Skuad besutan Roy Hodgson benar-benar menunjukkan kualitas terbaik di laga ini dan layak menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan tim-tim besar dunia. Pada menit ke-60 Frank Lampard yang masuk sebagai pemain pengganti menunjukkan kelasnya.

Lagi-lagi berawal dari pergerakkan pemain sayap cepat milik Arsenal, Walcott, Inggris kembali unggul 2-1. Lampard melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kiri gawang Cesar dan sempat mengenai tiang sebelum masuk ke dalam gawang tanpa mampu diantisipasi usai menerima umpan Rooney.

Setelah torehan tersebut tidak ada lagi gol yang mampu diciptakan kedua kesebelasan hingga laga berakhir. Inggris pun keluar sebagai pemenang dengan kedudukan akhir 2-1. Itu merupakan kemenangan pertama Inggris atas Brasil sejak 1990 dan itu berarti selama 23 tahun The Three Lions tidak pernah menang atas tim Samba.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X