Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Messi Tidak Layak Meraih Ballon d'Or 2012

By Jaka Sutisna - Kamis, 7 Februari 2013 | 23:01 WIB
Lionel Messi
Getty Images
Lionel Messi

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menggugat gelar FIFA Ballon d'Or 2012 yang diraih Lionel Messi. Menurut pelatih kawakan asal Prancis tersebut, jika dirinya bisa memilih, ia tidak akan memberikan suaranya untuk Messi. Cristiano Ronaldo atau Andres Iniesta dinilainya lebih pantas mendapatkan Ballon d'Or 2012.

La Pulga berhasil merebut gelar Ballon d'Or 2012 untuk yang keempat kalinya secara beruntun, memecahkan rekor sebelumnya atas nama Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco van Basten yang sama-sama telah mengoleksi tiga gelar tropi.

Namun, pelatih berusia 63 tahun tersebut melanjutkan, jika ukurannya prestasi individu Messi dinilai memang layak meraih gelar Ballon d'Or tahun lalu. Lain hal kalau patokannya prestasi bersama tim. Iniesta, Ronaldo, dan Iker Casillas yang paling pantas.

"Tidak, tidak tahun ini. Bagi saya Messi tentu pemain terbaik yang pernah saya lihat. Tapi, saya percaya tahun ini ia benar-benar telah dihargai untuk apa yang telah ia lakukan secara individu, bukan apa yang ia menangkan untuk timnya," ujar Wenger dikutip dari laman Insidespanishfootball.

"Dia tidak memenangkan Liga Champion, tidak memenangkan Liga Spanyol, dan tidak memenangi apa-apa dengan negaranya. Tapi, secara individu memang benar dia memiliki tahun yang luar biasa, mencetak 91 gol," tambah Wenger.

"Saya percaya dia benar-benar dihargai untuk itu. Saya adalah seorang penggemar olah raga kolektif, jadi bagi saya Casillas, Ronaldo, dan Iniesta lebih layak," tegas Wenger.

"Iniesta selalu menjadi nomor dua atau tiga, tapi ia memenangkan kejuaraan Eropa bersama Spanyol. Dia pantas mendapatkan Ballon d'Or 2012," lanjut Wenger.

"Saya tidak membantah sama sekali Messi itu pemain luar biasa. Sebagian orang bahkan menyebutnya berasal dari planet lain," tandas Wenger.


Editor : Jaka Sutisna


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X