Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mengenang Awal Mula Rivalitas Juventus-Fiorentina

By Jaka Sutisna - Sabtu, 9 Februari 2013 | 16:15 WIB
Liam Brady
Bob Thomas/Bob Thomas Sports Photography
Liam Brady

Rivalitas antara Juventus dengan Fiorentina bermula pada musim 1981/1982. La Viola saat itu berpeluang menyabet scudetto. Namun, menjelang finis I Bianconeri menyalip dan memupus mimpi publik Firenze merebut gelar scudetti ketiga.

Musim 81/82 Serie A diikuti 16 klub. Kemenangan masih diberi nilai dua poin, imbang satu poin, dan kalah nol poin.

Fiorentina menguasai puncak klasemen hampir sepanjang musim. Juventus terus menguntit di posisi kedua. Hingga akhirnya pada giornata ke-29 La Vecchia Signora berhasil menyamai koleksi poin I Gigliati (44 poin).

Hal tersebut membuat giornata terakhir atau ke-30 tak ubahnya hari pengadilan. Di laga pamungkas tersebut Fiorentina tandang ke Cagliari, sedangkan Juventus menjamu Catanzaro.

Laga dilangsungkan di waktu yang bersamaan. Hingga turun minum babak pertama kedudukan kedua tim masih 0-0. Para pengamat sepak bola mulai membahas kemungkinan penentuan scudetto melalui jalur play-off.

Babak kedua berlangsung mencekam bagi kedua tim. Fiorentina akhirnya berhasil mencetak gol via Francesco Graziani, tapi dianulir wasit. Pada saat yang bersamaan, Juventus mendapat hadiah penalti pada menit ke-75. Liam Brady sukses menjadi algojo.

Peluit panjang ditiupkan wasit. Juventus menang dan Fiorentina imbang. Publik Torino berpesta merayakan scudetti ke-20, sedangkan Firenze membara.

Suporter Fiorentina ngamuk. Mereka merasa dikerjai atas dianulirnya gol Graziani dan menuding Juventus berkonspirasi. Protes besar-besaran dengan turun ke jalan berlangsung berminggu-minggu.

Namun, FIGC bergeming dan tetap menganggap Juventus juara yang sah.


Editor : Jaka Sutisna


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X