Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Everton, United Semakin Menjauh dari City

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 11 Februari 2013 | 00:55 WIB
Ryan Giggs (kiri) saat mencetak gol pertama musim 2012/13 di Premier League
Getty Images
Ryan Giggs (kiri) saat mencetak gol pertama musim 2012/13 di Premier League

0 atas Marouane Fellaini dkk. di Old Trafford.

Tampil di depan pendukung sendiri Manchester United langsung menekan sejak menit pertama bergulir. Pada menit ke-10 Robin van Persie sudah hampir berhasil membuka keunggulan. Sayang tendangan Van Persie memanfaatkan umpan Wayne Rooney masih digagalkan tiang gawang.

Akan tetapi, pada menit ke-13 Setan Merah berhasil membuka keunggulan 1-0 setelah pemain gaek Ryan Giggs mampu mengoyak gawang Tim Howard. Itu merupakan gol pertama Giggs musim 2012/13 di Premier League yang memastikannya selalu mencetak gol setiap musim bersama United sejak musim 1990-91.

Dalam posisi tertinggal Everton merespon dengan bermain lebih baik dan mulai sedikit mendominasi jalannya permainan. Cukup sering kombinasi Fellaini, Kevin Mirallas, dan Victor Anichebe menciptakan bahaya di depan gawang David De Gea. Akan tetapi, kokohnya barisan pertahanan United membuat Everton menemui kesulitan besar mencetak gol balasan.

Asyik menyerang pasukan David Moyes kembali kecolongan sesaat sebelum babak pertama berakhir. Tepat pada menit ke-45 bola terobosan yang dilepaskan Rafael da Silva mampu dimaksimalkan Van Persie usai lepas dari perangkap offside dan memperdaya Howard.

Di babak kedua permainan saling serang terus terjadi. Beberapa perubahan strategi juga diterapkan Sir Alex Ferguson maupun David Moyes.

Sayangnya, tidak ada satu gol pun yang diciptakan United atau The Toffees di babak kedua. Hanya ada dua peluang emas dari kedua tim hingga pertandingan berakhir.

Peluang emas United terjadi pada menit ke-66. Berawal dari tendangan sudut Van Persie, Jonny Evans memenangi perebutan bola udara dan langsung mengarahkan ke gawang Everton. Akan tetapi, mampu digagalkan Howard dan sempat berbuah kemelut, namun akhirnya Leighton Baines berhasil membuang bola.

Gempuran ternyata belum berakhir. Tendangan keras Tom Cleverley dari luar kotak penalti nyaris berbuah gol. Akan tetapi, aksi gemilang Howard mampu menepis bola tendangan Cleverley.

Sementara itu, satu-satunya peluang bagus Everton di interval kedua lahir dari kaki Nikica Jelavic pada menit ke-82. Setelah melakukan beberapa pergerakan, Jelavic akhirnya mendapat ruang untuk melepas tembakan bagus yang mengarah tepat ke gawang United. Sayang, upaya tersebut mampu digagalkan De Gea.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X