Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

West Brom Pecundangi Liverpool di Anfield 2-0

By Verdi Hendrawan - Selasa, 12 Februari 2013 | 05:33 WIB
Sundulan Gareth McAuley, berhasil pecahkan kebuntuan WBA untuk kalahkan Liverpool.
Andrew Powell/Getty Images
Sundulan Gareth McAuley, berhasil pecahkan kebuntuan WBA untuk kalahkan Liverpool.

26 antara tuan rumah Liverpool berhadapan dengan West Bromwich Albion berhasil dimenangi oleh The Baggies dengan skor 2-0. Liverpool yang menguasai bola jauh lebih banyak tidak dapat mengkonfersinya menjadi gol, berbanding terbalik dengan yang dilakukan Albion.

Sejak menit pertama laga bergulir, Liverpool seakan hanya tinggal menunggu waktu untuk dapat mencetak gol, namun ketatnya pertahanan West Bromwich Albion (WBA), tidak dapat ditembus oleh para punggawa The Reds. Ben Foster yang menjadi tembok terakhir pertahanan The Baggies bermain sangat baik sepanjang laga.

Liverpool sebenarnya berhasil mencetak gol pada menit kesembilan melalui Jonjo Selvey, namun ia terlebih dahulu terperangkap offside setelah menerima bola muntah hasil sepakan Glen Johnson. Sepajang babak pertama, Liverpool yang terus menekan pertahanan WBA namun gagal mencetak satu pun gol dari banyak peluang emas yang tercipta. Hingga turun minum, skor kaca mata tidak berubah.

Pada babak kedua permainan masih tidak berubah seperti 45 menit pertama. Liverpool terus menekan WBA dengan banyak tendangan keras yang berhasil dihalau bek dan kiper yang bermain sangat apik malam itu. Liverpool sebenarnya memiliki peluang untuk memimpin laga melalui sepakan penalti yang dieksekusi oleh Gerrard pada menit ke-77, setelah Luis Suarez berhasil mengelabuhi wasit dengan sebuah diving. Namun eksekusi yang dilakukan oleh sang kapten itu bergasil dimentahkan oleh Ben Foster yang menjadi momok bagi semua serangan yang dilakukan The Reds.

Petaka Liverpool akhirnya hadir empat menit setelah penalti itu. Pada menit ke-81, Gareth McAuley berhasil menyundul bola hasil sepak pojok Cris Brunt, tanpa bisa diantisipasi sedikitpun oleh Pepe Reina dan semua pemain bertahan Liverpool. Keunggulan ini membuat Liverpool semakin bernafsu untuk mencetak gol, namun bukan gol yang didapat.

Justru pada menit ke-90, WBA berhasil memaksimalkan serangan balik yang digalang oleh James Morrison yang memberikan umpan kepada Romelu Lukaku yang berhasil melewati Daniel Agger sekaligus menaklukan Reina dengan tendangan keras kaki kanannya. Keunggulan 2-0 berhasil dipertahankan oleh WBA hingga akhir laga.

Dengan kekalahan Liverpool ini, mereka harus turun peringkat ke posisi sembilan dengan 36 poin yang digeser oleh WBA sendiri yang berhasil mengumpulkan 37 poin.

Hal ini tentu sangat memberatkan Liverpool yang memiliki asa untuk dapat berlaga di kejuaraan Eropa pada musim 2013/14 karena kini mereka tertinggal delapan poin dari Arsenal yang berada di posisi kelima, yang merupakan posisi terakhir untuk dapat memiliki hak bermain di kompetisi nomer dua Eropa, Europa League.

Susunan Pemain:

Liverpool XI: Reina, Johnson, Carragher, Agger, Enrique, Lucas, Gerrard, Henderson (60' Sterling), Suarez, Shelvey (60' Borini), Downing (78' Coutinho).

Subs Liverpool: Jones, Wisdom, Skrtel, Allen.


Editor : Verdi Hendrawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X