Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bintang India Akhiri Boikot, Indonesia Terancam

By Oka Akhsan M. - Selasa, 12 Februari 2013 | 18:38 WIB
Somdev Devvarman
Greg Wood/Getty Images
Somdev Devvarman

bintang tenis India adalah sinyal bahaya buat tim Piala Davis Indonesia. Kedua tim ini akan bertemu di India, 5-7 April.

Ketika menghadapi Korsel di babak I Grup I Asia/Oseania, 1-3 Februari, India hanya menu­runkan pemain yang berpe­ring­kat di luar 500 besar. Kehadiran pemain ganda kawakan Leander Paes tak mampu menolong tim Asia Selatan itu. India kalah 1-4.

Padahal awalnya India-lah yang diunggulkan. Tapi Somdev Devvarman, Rohan Boppana, dan Mahesh Bhupathi masih memboikot federasi tenis setempat (AITA) karena urusan pem­bagian hadiah uang yang tidak berkenan buat mereka.

Kini aksi boikot itu sudah berakhir. Ketiga pemain pilar itu bersedia tampil pada play off I. Kehadiran ketiga pemain yang sudah biasa tampil di arena grand slam tersebut tentu saja bukan pertanda baik buat Indo­nesia, yang pada babak I menyerah 0-5 pada Jepang.

Peluang menang Christopher Rungkat dkk. menjadi menipis. Dari rekor pertemuan yang sudah lima kali, Indonesia pun tak pernah menang dari India. Andai Tim Merah-Putih kalah di play off itu, mereka harus tampil lagi di play off II melawan yang kalah antara Cina dan Taiwan. Yang menang tetap bertahan di Grup I, sedangkan yang kalah terde­pak ke Grup II.

Siap Lawan Indonesia

Boikot berakhir setelah AITA setuju memenuhi tuntutan para pemain untuk mena­ikkan pem­bagian hadiah uang, mengganti pelatih, meli­batkan pemain dalam hal pemi­lihan arena, dan mem­beri tiket pesawat kelas bisnis untuk selu­ruh anggota tim.

"Kami sudah mengonfirmasi ke AITA kami bersedia melawan Indonesia. Dengan berbagai per­timbangan lain, kesediaan kami hanya terbatas melawan Indo­ne­sia. Selanjutnya, kami berharap ada persetujuan jangka panjang yang masuk akal dan kompre­hen­sif atas segala proses yang melibatkan pemain," begitu per­nyataan para pemain tersebut, seperti dirilis Reuters.


Editor : Rahayu Widiyarti


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X