Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang SEA Games 2013, Timnas Futsal Genjot Fisik

By Windu Puspa Ningtyas - Kamis, 14 Februari 2013 | 16:14 WIB

buru menggeber laga uji coba. Hingga akhir Maret, sang mentor masih fokus pada latihan fisik.

Andri mengaku ingin para pemain mencapai kondisi kebugaran yang ideal terlebih dahulu sebelum melakukan gim melawan tim lain. Hal ini dipandang penting karena setelah kompetisi Liga Futsal Indonesia 2012 berakhir pada November silam, para pemain tidak melakukan aktivitas latihan sama sekali.

Saat memasuki latihan pelatnas, kondisi fisik mereka dikhawatirkan drop. "Selama dua bulan ini saya ingin menggenjot latihan fisik yang terpaku pada peningkatan kinerja jantung-paru-paru serta otot. Kondisi fisik yang optimal secara langsung akan memenga­ruhi speed permainan saat pertandingan. Saya ingin para pemain timnas bisa bermain cepat, tentunya dibutuhkan stamina fisik yang prima," ucap Andri.

Selain fokus ke fisik, Andri juga fokus meningkatkan kemampuan teknik dasar para pemainnya. "Setiap akhir pekan kami melakukan latihan dasar seperti teknik mengontrol bola dan passing," ungkap Andri.

Harapannya, saat melakoni gim kelemahan elementer bisa ditekan. Hanya, muncul kekhawatiran pada April nanti kondisi kebugaran para pemain bisa rusak saat mereka kembali ke klub untuk menjalani musim baru Liga Futsal Indonesia. Porsi latihan di timnas dan klub berbeda, kadang bertentangan mengikuti kebutuhan.

"Untuk menjaga keseimbangan, saya akan menitipkan program latihan khusus kepada para pemain. Mereka wajib melaksanakannya saat berada di klub," kata mantan Pelatih Klub Electric PLN.

Tampil di Korea
Kini, tim pelatih Tim Merah-Putih tidak perlu risau. Keinginan mereka mendapat lawan tanding bermutu direspon positif Satlak Prima.

Pada 29 Juni-9 Juli timnas futsal akan dikirim ke Asian Indoor Games di Korea Selatan. Kesempatan tampil di ajang internasional dipandang penting untuk mengasah mental bertanding Indra Kurnia Purnomo dkk. Maklum, mayoritas pemain rata-rata minim jam terbang internasional.

"Para pemain muda perlu ditempa dengan rangkaian pertandingan internasional bermutu sehingga mereka tidak gagap saat tampil di SEAG," kata Yos Adi, kiper senior timnas SEAG.



Editor : Ario Yosia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X