Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Iniesta & Xavi, Barca Sulit Kalahkan Granada

By Verdi Hendrawan - Minggu, 17 Februari 2013 | 04:52 WIB
Tendangan bebas Messi yang membawa Barca ungguli Granada.
David Ramos/Getty Images
Tendangan bebas Messi yang membawa Barca ungguli Granada.

24 antara tuan rumah Granada menghadapi pemuncak klasemen, Barcelona, berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan El Barca. Penampilan ngotot El Grana sempat menyulitkan para pemain Barcelona, namun pada akhirnya kualitas individu lah yang menjadi pemenang pada laga ini.

Pada babak pertama, Granada berhasil melakukan inisiatif serangan lebih awal. Mereka berhasil mengimbangi permainan Barcelona yang tampil tanpa Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Hasilnya mereka berhasil unggul lebih dulu berkat gol dari Odion Jude Ighalo pada menit ke-26 setelah memanfaatkan umpan Nolito dan menceploskan bola di depan gawang tanpa adanya penjagaan ketat. Meski gol itu berbau offside, namun hal itu menjadi pertanda bahwa ketidak hadiran Carles Puyol dapat menjadi masalah bagi El Barca.

Barcelona yang bermain tanpa gelandang-gelandang terbaiknya itu membuat Lionel Messi seakan-akan bekerja seorang diri untuk dapat menembus pertahanan ketat Granada. Beberapa kali mereka memiliki peluang di depan gawang, namun seorang Messi pun tampak seperti kehilangan kemampuan terbaiknya dalam bermain. Skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua pertandingan berjalan tidak seperti babak pertama. Barcelona semakin menggencarkan serangan mereka dan Granada hanya dapat sesekali keluar dari tekanan. Alhasil, Lionel Messi berhasil memecahkan kebuntuan timnya pada menit ke-50, setelah memanfaatkan bola muntah hasil dari tendangan Thiago yang berhasil ditahan oleh kiper Granada, Antonio Rodríguez Martínez atau Tono.

Setelah gol itu tercipta, Barcelona semakin gencar dalam melakukan serangan, namun ketidak hadiran Iniesta dan Xavi Hernandez, tampak begitu kontras dengan permainan Barcelona yang tidak seperti biasanya. Namun pada menit ke-73, Lionel Messi kembali menunjukan skill individunya dalam mengeksekusi tendangan bebas. Ia berhasil menaklukan Tono yang bermain gemilang sepanjang laga.

Granada pun baru bisa keluar dari tekanan Barcelona pada menit-menit akhir pertandigan dan berhasil membuat beberapa peluang baik di depan gawang, namun kesigapan bek dan kiper El Barca, membuat serangan itu menjadi sia-sia. Hasil 2-1 untuk Barcelona pun bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:

Granada XI: Toño; Nyom, Mainz, Íñigo, Siqueira; M.Rico, Recio, Torje (76' Brahimi), Nolito (74' Buonanotte); Aranda (58' El Arabi), Ighalo

Barcelona XI: Valdés, Alves, Piqué, Adriano, Mascherano, Sergio, Cesc, Thiago, Pedro (72' Iniesta), Messi, Alexis (61' Tello)


Editor : Verdi Hendrawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X