Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI-KPSI Sepakat Gelar Kongres 17 Maret

By Frengky Aruan - Senin, 18 Februari 2013 | 22:32 WIB
La Nyalla M. Mattalitti, Djohar Arifin Husin, Rita Subowo, dan Roy Suryo
Frengky Aruan/Bolanews
La Nyalla M. Mattalitti, Djohar Arifin Husin, Rita Subowo, dan Roy Suryo

Pertemuan yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Roy Suryo dengan PSSI dan KPSI di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (18/2) malam, menghasilkan beberapa poin penting. Yang pertama, bahwa kedua pihak baik PSSI dan KPSI sepakat untuk menjalankan empat poin seperti yang tercantum dalam MoU 7 Juni 2012 dan surat FIFA 18 Desember 2012 juga 13 Februari 2013.

Keempat poin yang dimaksud adalah unifikasi liga, revisi statuta, pengembalian empat anggota Komite Eksekutif (Komek): La Nyalla Mattalitti, Tony Aprilani, Roberto Rouw, dan Erwin Dwi Budiawan, serta pelaksanaan kongres  dengan peserta berdasarkan peserta Kongres Solo, Juli 2011.

"Empat poin ini akan dan sudah disepakati oleh Djohar Arifin Husin dan La Nyalla. Sebelumnya, dalam dua kali pertemuan, beliau-beliau juga sudah mengatakan akan mematuhinya," kata Roy Suryo dalam jumpa pers seusai pertemuan.

Dalam kesempatannya, Roy yang juga didampingi oleh Djohar dan La Nyalla, serta Ketua KOI, Rita Subowo, mengatakan bahwa kedua pihak juga sudah sepakat untuk melaksanakan kongres sebagai jalan terakhir menyelesaikan permasalahan di sepak bola Indonesia.

Suksesor Andi Mallarangeng itu menjelaskan bahwa kongres sudah disepakati akan digelar pada 17 Maret 2013 atau tiga hari sebelum FIFA membahas nasib Indonesia di tingkat Komite Eksekutif.

"17 Maret akan diselenggarakan kongres PSSI dan itu sudah disepakati. Insya Allah, kongres akan digelar di Jakarta. Semoga bisa berjalan lancar dan normal. Pemerintah akan mendukung penuh, begitu juga dengan mekanisme di dalamnya," jelas Roy Suryo.

"Untuk suksesnya kongres, memang ada hal yang harus dilanggar. Statuta menyebut harus dilakukan 30 hari sebelum diagendakan. Saya sadar betul, namun sekarang prosedurnya tidak normal dan dalam kondisi darurat. Saya bertanggung jawab untuk itu."

Untuk kongres, Roy menambahkan bahwa akan ada sebuah tim. Menurutnya, tim itu akan diisi oleh perwakilan dari pemerintah, PSSI, dan KPSI.

"Kongres akan dilaksanakan oleh tim, baik dari PSSI dan KPSI dan ada perwakilan dari KOI. Kalau kongres selesai, maka KPSI akan hilang atau membubarkan diri. Mohon doa restu, mudah-mudahan poin-poin yang telah disepakati ini diterima," sambungnya.

Tim ini kemungkinan juga akan melakukan verifikasi. Namun, sebelum melakukan verifikasi peserta, Roy menyatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan FIFA dan AFC.

"Yang jelas, sebelum pelaksanaan kongres kami akan konsultasi ke FIFA dan AFC. Termasuk juga perihal agenda. Yang jelas untuk saat ini agenda adalah kongres biasa dan akan membahas empat poin itu," jelasnya.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X