Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tabrakan Legalitas di PSSI

By Roby Rizky Akhmad - Kamis, 21 Februari 2013 | 16:43 WIB

ulur soal siapa yang berhak mengikuti kongres bakal alot.

Dalam surat terakhirnya, FIFA menyebut bahwa peserta kongres merupakan voter KLB PSSI Solo 2011, sesuai dengan kesepakatan MoU antara PSSI-KPSI. Hanya, persoalan dualisme yang terjadi tataran Pengprov PSSI dan klub membuat situasi menjadi sulit.

PSSI menginginkan peserta kongres tersebut mengacu ke lembaga. Hal itu dikuatkan dengan Statuta PSSI pasal 24 Poin 4 di mana peserta kongres merupakan bagian dari anggota yang diwakili atau dipilih oleh badan yang berhak dari organisasi anggota tersebut.

"Hanya yang legal yang berhak mengikuti kongres," kata Djohar Arifin, Ketua Umum PSSI.

Tim Verifikasi

Namun, menurut kacamata PSSI, perwakilan berdasarkan lembaga ini perlu diperjelas. "Kalau sudah terjadi pergantian pengurus karena periodenya berakhir kami setuju saja. Lain cerita jika pengurus tersebut dipecat secara paksa oleh PSSI hanya karena mereka berseberangan di masa konflik berlangsung. Hal ini yang harus diperjelas," ucap La Nyalla Mattalitti, pentolan KPSI.

Menpora, Roy Suryo, akan membentuk tim verifikasi peserta kongres yang mewakili pemerintah, KOI, PSSI, dan KPSI. "Mereka akan membantu memperjelas," tutur Roy.

Untuk menguatkan posisi tim ini, Roy akan meminta petunjuk AFC dan FIFA. "Pemerintah akan meminta arahan mereka untuk menghindari multitafsir," kata sang menteri.


Editor : Ario Yosia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X