Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Real Madrid Susah Payah Kalahkan Deportivo 2-1

By Verdi Hendrawan - Minggu, 24 Februari 2013 | 04:34 WIB
Ricardo Kaka, rayakan gol penyeimbang yang ia cetak.
Miguel Riopa/Getty Images
Ricardo Kaka, rayakan gol penyeimbang yang ia cetak.

1. Tim juara bertahan La Liga itu harus bersusah payah mengalahkan Deportivo hingga menit-menit akhir pertandingan.

Pertandingan berlangsung berimbang. Deportivo berhasil mengimbangi permainan Real Madrid, yang saat itu belum menurunkan Cristiano Ronaldo dan Mesut Oezil. Deportivo berhasil beberapa kali melakukan tekanan berbahaya ke gawang Real Madrid yang dijaga oleh Diego Lopez.

Real Madrid yang lebih banyak menguasai bola tampak kesulitan dengan gaya bermain mereka yang bermain tanpa Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil dan Xabi Alonso. Gonzalo Higuain yang menjadi striker utama, beberapa kali gagal memanfaatkan peluang yang disodorkan kepadanya.

Deportivo yang pada babak pertama bermain cukup baik dalam bertahan dan menyerang, berhasil melakukan serangan balik yang cepat pada menit ke-35. Peluang ini berhasil dimaksimalkan oleh Iván Sánchez Rico Soto atau Riki, melalui tendangan kerasnya ke tiang dekat gawang lopez. Bola yang meluncur deras, gagal diantisipasi oleh Lopez yang berbuah keunggulan bagi Super Depor. Keunggulan ini berhasil bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, permainan masih berjalan serupa seperti babak pertama. Kedua kesebelasan berhasil saling menekan lawannya. Namun hal itu berubah setelah pelatih utama Real Madrid, Jose Mourinho, menurunkan tiga pemain intinya yang ada di bangku cadangan. Ronaldo, Oezil dan Sami Khedira masuk menggantian Luka Modric, Michael Essien dan Marcelo Vieira pada menit ke-56.

Dengan masuknya tiga pemain itu, berdampak besar dengan permainan Madrid yang sebelumnya selalu mengalami kesulitan. Perlahan namun pasti para punggawa El Real berhasil semakin menguasai pertandingan. Pada menit ke-73, gol yang ditunggu-tunggu Madrid akhirnya lahir berkat sepakan Kaka dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan Angel Di Maria dari sisi kiri pertahanan Deportivo.

Gol dari Kaka itu seakan membuat pemain Madrid semakin beringas di depan gawang Super Depor. Beberapa kali Ronaldo, Kaka, dan Oezil melakukan serangan berbahaya, meski masih dapat dibendung oleh bek dan kiper Depor yang sebenarnya bermain cukup baik. Namun Deportivo hanya mampu bertahan hingga menit ke-88.

Melalui solo run Ronaldo di sisi kanan pertahanan Deportivo, Ronaldo berhasil merangsek masuk ke jantung pertahanan Deportivo sekaligus berhasil mengecoh kiper Daniel Aranzubia yang sudah meninggalkan gawangnya. Bola lalu disodorkan ke Higuain yang sudah menunggu di depan gawang yang sudah kosong dan akhirnya ia berhasil mencetak gol kemenangan timnya. Keunggulan 2-1 El Real ini berhasil mereka pertahankan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain:

Deportivo XI: Aranzubia, Silvio (25' Bergantinos), Marchena, Kaka (58' Vazquez), Ayoze, Abel Aguilar, Assuncao, Bruno, Pizzi, Valerón, Riki (75' Oliveira)


Editor : Verdi Hendrawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X