Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andre Villas-Boas Tak Percaya Data Statistik

By Oka Akhsan M. - Senin, 25 Februari 2013 | 18:15 WIB
Andre Villas-Boas
Philippe Merle/Getty Images
Andre Villas-Boas

Boas. Pelatih asal Portugal itu mengaku sama sekali tak memercayai dan menolak menggunakan data analisis statistik selama karier manajerialnya.

Beberapa manajer top bisanya menggunakan analisis Prozone untuk menentukan prioritas latihan para pemainnya. Namun, tidak demikian dengan Andre Villas-Boas. Ia menyatakan sports science penting dalam sepak bola. Meski demikian, ia merasa para pelatih tak boleh bergantung kepada statistik dan lebih mengandalkan insting.

"Saya tak menggunakan data statistik karena tak memercayainya. Terkadang dalam beberapa kasus tertentu seperti kondisi fisik pemain analisis tersebut tak selalu tepat," kata Andre Villas-Boas seperti dikutip dari espn.co.uk.

"Kalian harus berhati-hati dengan statistik. Saya tak pernah menggunakan Prozone dan mungkin beberapa pihak akan terkejut mendengarnya. Setiap pelatih memiliki pendekatan berbeda dan bagi saya statistik adalah hal yang tak berguna. Apa yang dirasakan para pemain lebih penting ketimbang data statistik," lanjut Villas-Boas.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X