Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alfred Finnbogason, Mesin Gol Polesan Van Basten

By Okie Prabhowo - Kamis, 7 Maret 2013 | 12:29 WIB
Alfred Finnbogason, 19 gol dalam 22 laga Eredivisie.
Getty Images
Alfred Finnbogason, 19 gol dalam 22 laga Eredivisie.

Alfred Finnbogason ikut meramaikan persaingan memperebutkan gelar raja gol Eredivisie 2012/13. Seperti bomber Feyenoord Rotterdam, Graziano Pelle, dia mengemas 19 gol atau kalah empat gol dari pemimpin daftar top scorer, Wilfried Bony, asal Vitesse.

Siapakah Alfred Finnbogason? Dia adalah penyerang tengah Heerenveen, klub yang ditangani mantan striker hebat, Marco van Basten. Pada musim panas lalu, dia direkrut dari Lokeren (Belgia) yang meminjamkannya ke Helsingborgs (Swedia) pada periode Maret-Agustus 2012.

Pada awal Eredivisie 2012/13, Finnbogason mencuri perhatian publik Belanda. Hal itu karena penyerang asal Islandia itu mampu mencetak dua gol pada partai kandang debutnya di Liga Belanda melawan juara bertahan Ajax Amsterdam yang berakhir dengan skor 2-2.

Van Basten tampaknya berhasil dalam menurunkan ilmu-ilmu bagaimana cara menjebol gawang lawan kepada Finnbogason. Penyerang berusia 24 tahun itu mencetak lebih dari setengah total gol Heerenveen di Eredivisie musim ini (36 gol). Dia tak pernah puasa mencetak gol lebih dari dua laga Liga Belanda.

Pada 2 Maret lalu, Finnbogason menjadi pahlawan Heerenveen. Tembakan sang penyerang pada menit 82 dan sundulannya pada menit 85 membuat Heerenveen berhasil membalikkan keadaan dan menang 2-1 atas NAC Breda.

"Dia memang membuat perbedaan," kata Van Basten setelah pertandingan seperti dikutip vi.nl. "Dia sabar menunggu kesempatan setelah di babak pertama dia tidak tampil bagus. Namun, kita sekarang tahu bahwa dia selalu bisa membuat perbedaan."

Pelatih Terbaik

Siapa yang tidak mau rutin mendapat nasihat dari Van Basten, eks penyerang yang sukses di AC Milan? 

"Sangat menyenangkan memiliki pelatih yang tahu bagaimana rasanya dan apa yang harus Anda lakukan," ujar Finnbogason di majalah Voetbal International edisi 7 November 2012.

"Dia mengajarkan saya bagaimana saya harus bergerak, bagaimana saya bisa menjadi lebih pintar di lapangan. Secara mental dia penting buat saya."




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X