Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ucapan Selamat Buat Beckenbauer

By Caesar Sardi - Jumat, 8 Maret 2013 | 09:00 WIB
Franz Beckenbauer.
Dok. Tabloid BOLA
Franz Beckenbauer.

Franz Beckenbauer, 39, pekan lalu menerima ucapan selamat dari rekannya, Bronco Zebec, bekas pelatih Hamburg SV yang kini menangani Dinamo Zagreb. Apalagi kalau bukan untuk penunjukan Sang Kaiser menggantikan kedudukan Jupp Derwall sebagai pelatih tim nasional Jerbar.

"Saya gembira dunia sepakbola Jerman mengangkat dia," kata Bronco seperti ditulisnya dalam mingguan berbahasa Jerman, Bild am Sonntag. "Saya tahu betul siapa Franz. Ia berotak cerdas, otodidak, yakin diri, dan karenanya cemerlang," tambahnya.

Pengangkatan kapten kesebelasan yang membawa Jerbar sukses di Piala Dunia 1974 itu, dimumkan oleh Presiden Federasi Sepakbola Jerbar, Hermann Neuberger, tak lama setelah Derwall dan anak buahnya kembali dengan kegagalan dari kejuaraan Eropa.

Tapi Beckenbauer resminya hanya bertindak sebagai manajer karena ia tak memiliki ijazah pelatih.

"Kami tak akan mengangkat pelatih baru," kata Neuberger. Tim nasional akan diketuai oleh seorang manajer tim dengan seorang pelatih sebagai asistennya."

Beckenbauer akan bertindak sebagai manajer sampai 30 Juni 1986. Ia akan dibantu asisten pelatih Horst Koeppel, bekas orang kedua setelah Jupp Derwall.

Beckenbauer yang juga sebagai kapten telah mensukseskan Jerbar dalam kejuaraan Eropa 1972, dianggap akan menjadi penyelamat dunia sepakbola negerinya. Kita tunggu saja.

(Penulis: Hikmat Kusumaningrat, Tabloid BOLA edisi no. 21, Jumat 20 Juli 1984)


Editor : Caesar Sardi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X