Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rafael Nadal Turuti Saran Dokter untuk Mundur

By Vessy Dwirika Frizona - Senin, 18 Maret 2013 | 14:34 WIB
Rafael Nadal
Matthew Stockman/Getty Images
Rafael Nadal

Rafael Nadal mengumumkan pengunduran diri dari ajang turnamen Sony Open di Miami, AS, meski telah membuktikan fisiknya dalam kondisi puncak setelah menghabisi perlawanan Juan Martin Del Potro di arena turnamen Indian Wells.

Nadal mengikuti saran dokter yang menasehatkan agar petenis terbaik lima dunia itu mengistirahatkan kaki kirinya selama beberapa pekan sebelum nanti terjun di arena akbar grand slam, Prancis Terbuka.

Pemain kidal asal Spanyol ini baru kembali ke pusaran sirkuit kompetisi ATP bulan lalu setelah cedera membelit lutut kirinya dan memaksanya jeda bermain profesional selama tujuh bulan.

"Dokter minta saya pulang dulu beberapa pekan, isitirahat sedikit dan terus berlatih dengan benar," kata Nadal dalam jumpa pers setelah final melawan Del Potro, Minggu (17/3) waktu setempat.

"Anda tahu saya perlu membangun kekuatan lebih di otot kuadrisep kaki kiri, jadi saya harus terus berlatih keras. (Tapi) Kompetisi terlalu keras untuk tubuh, jadi setelah empat pekan yang hebat saya tidak bisa lanjut ke Miami. Saya perlu bersiap dan beristirahat untuk (turnamen) berikutnya."

Nadal mengatakan target berikutnya adalah turun di Monte Carlo, diikuti Barcelona, Madrid serta Roma.

Jadwal berat itu harus diikuti sebagai syarat empat turnamen wajib (termasuk Indian Wells) sebelum turun di kejuaraan sekelas grand slam.

Nadal, sudah 11 kali menang di ajang grand slam juga menyampaikan permohonan maafnya pada penyelenggaran turnamen karena batal datang. Dia mengaku 'sangat sedih membuat keputusan ini.

Spesialis lapangan tanah liat ini sudah mencetak rekor 17 kali menang dan baru sekali kalah sejak kembali bermain pasca cedera.

Nadal membalikkan keadaan dengan mengubah ketertinggalan 1-3 menjadi 4-6 6-3 6-4 sehingga Del Potro terpaksa mengakui keunggulannya.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X