Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bungkam Fulham, Arsenal Gusur Chelsea Jauhi Spurs

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 20 April 2013 | 23:05 WIB
Pemain Arsenal merayakan gol Per Mertesacker (kedua dari kanan).
Ian Kington/Getty Images
Pemain Arsenal merayakan gol Per Mertesacker (kedua dari kanan).

0 atas Fulham dalam lanjutan Premier League di Craven Cottage, Sabtu (20/4). Per Mertesacker mencetak gol tunggal penentu kemenangan The Gunners di laga yang dihiasi dua kartu merah tersebut.

Arsenal langsung tampil menyerang sejak babak pertama dimulai. Hasilnya, Theo Walcott sukses merobek gawang Mark Schwarzer pada menit kedua. Namun, gol itu dianulir karena Walcott sudah terperangkap offside saat menerima umpan terobosan Olivier Giroud.

Petaka menimpa Fulham pada menit ke-12. Skuad asuhan Martin Jol itu harus bermain dengan 10 orang setelah Steve Sidwell mendapat kartu merah langsung dari wasit Andre Marriner akibat melakukan tekel berbahaya terhadap Mikel Arteta.

Meski kekurangan satu pemain, Fulham berhasil mengancam gawang Arsenal saat laga memasuki menit ke-20. Menerima umpan terobosan Urby Emanuelson di dalam kotak penalti Arsenal, Dimitar Berbatov melepaskan tendangan keras yang memaksa Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang.

Arsenal tak tinggal diam. Pada menit ke-35, Santi Cazorla mengirim umpan terobosan yang disambut Giroud dengan tendangan mendatar ke pojok kiri gawang Fulham. Namun, meski sudah tak bisa dihalau Schwarzer, bola memantul keluar setelah mengenai tiang gawang.

Serangan balik Fulham kembali membuat lini pertahanan Arsenal kocar-kacir pada menit ke-40. Setelah melakukan tusukan dari sisi kanan, Emanuelson kemudian melepaskan sepakan keras ke pojok kiri gawang. Namun, bola masih bisa ditepis Szczesny.

Kebuntuan Arsenal akhirnya pecah dua menit jelang jeda. Berawal dari tendangan bebas Walcott, bola kemudian disundul Laurent Koscielny ke tengah kotak penalti. Per Mertesacker yang tak terkawal dengan mudah menyundul bola ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua berjalan semakin sengit. Fulham yang memburu gol penyeimbang terus menekan Arsenal dan tak terlihat bermain dengan 10 orang. Namun, disiplinnya lini pertahanan tim tamu membuat The Cottagers selalu gagal mendapat peluang berarti.

Fulham akhirnya sukses menjebol gawang Arsenal pada menit ke-77. Berawal dari tendangan bebas Kieran Richardson yang ditepis Szczesny, bola liar langsung disambar Stanislav Manolev. Sayang, gol tersebut dianulir karena Manolev sudah berada dalam posisi offside.

Arsenal juga harus bermain dengan 10 orang di menit terakhir waktu normal. Giroud harus mengakhiri laga lebih cepat setelah dikartu merah langsung wasit Andre Marriner akibat melakukan tekel berbahaya terhadap Manolev. Beruntung Arsenal berhasil mempertahankan kemenangan 1-0 hingga laga usai.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X