Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Sukses Berkat Cruyff, Bukan Guardiola

By Oka Akhsan M. - Rabu, 1 Mei 2013 | 19:24 WIB
Johan Cruyff
Getty Images
Johan Cruyff

Pep Guardiola memuji peran Johan Cruyff atas kesuksesan yang diraih Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Pelatih yang akan membesut Bayern Munchen mulai musim depan itu mengklaim Blaugrana tak mungkin mendominasi sepak bola Eropa tanpa Cruyff.

Pep Guardiola dianggap sebagai pelatih tersukses Barcelona dengan mempersembahkan 14 trofi selama empat tahun di Camp Nou. Meski demikian, Guardiola justru menyebut Johan Cruyff sebagai sosok yang paling berperan di balik keberhasilan klub asal Katalan itu.

"Semua ini dimulai oleh Cruyff. Ia adalah sosok yang paling berpengaruh di Barcelona. Kita semua memiliki kemampuan untuk melakukan hal tertentu, namun saya tak akan mampu membangun tim dari awal seperti yang dilakukan Cruyff," kata Pep Guardiola kepada El Tiempo.

"Saya banyak belajar darinya. Saya tak bisa membayangkan Barcelona saat ini tanpa kerja keras Cruyff 20 tahun silam. Semua pelatih setelahnya menambah sentuhan personal, namun saya akan selalu berterima kasih kepadanya," ujar Guardiola.

Cruyff membela Barcelona sebagai pemain dari 1973 hingga 1978. Selain sebagai pemain, legenda asal Belanda itu juga sukses ketika kembali ke Camp Nou sebagai pelatih pada 1988 selama delapan tahun. Ia juga dianggap sebagai sosok kunci di balik akademi Barcelona, La Masia.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X