Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kinierja Wasit Jadi Sorotan Dalam Evaluasi ISL

By Kukuh Wahyudi - Senin, 6 Mei 2013 | 11:53 WIB
CEO PT. Liga Indonesia Joko Driyono
Dwi Arie Setyadi/Bolanews
CEO PT. Liga Indonesia Joko Driyono

Kinerja wasit menjadi sorotan dalam evaluasi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/13 yang diadakan  di Hotel Park Lane Jakarta, Minggu (5/5) dengan seluruh pelatih klub ISL . Para pelatih memberikan masukan kepada PT Liga Indonesia selaku operator ISL.

CEO PT LI, Joko Driyono mengatakan hasil evaluasi menilai kompetisi telah berjalan sesuai jalur. Namu, peran wasit dalam memimpin pertandingan masih perlu dievaluasi lebih lanjut.

"Secara umum pelaksanaan separuh musim kompetisi ISL 2012/2013 bisa dieksekusi dengan baik, selain itu kita juga mendapatkan feed back kinerja wasit perlu diapresiasi. Penilaian coach melihat kompetensi dari wasit bukan faktor non teknis, kuantitas menurun tapi komdis tidak akan mereduksi hal demikian, itu menjadi effort kita semua," papar Joko Driyono di situs Liga Indonesia.

Jadi untuk kedepannya PT LI dengan komite wasit akan lebih berkoordinasi untuk menjaga kompetensi wasit.

"Hal ini langsung direspon agar komite wasit fokus menyediakan wasit. Kolaborasi komite wasit dan LIGA itu, posisi komite wasit menyediakan, mengawasi, reward and punishment. Liga ini menggunakan kacamata kuda, dengan sistem IT, semua wasit bisa ditugaskan memimpin di manapun, jadi ada dua institusi yang saling mengawasi, demi menjaga kualitas wasit," lanjut Joko Driyono.


Editor : Kukuh Wahyudi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X