Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Juara La Liga, Xavi Cetak Rekor Pribadi

By Syamsul Arif - Senin, 13 Mei 2013 | 14:49 WIB
Xavi Hernandez
Alex Grimm/Bongarts/Getty Images
Xavi Hernandez

22 La Liga pada musim 2012/13 memang memuaskan semua orang di Tim Catalan. Terkhusus untuk Xavi Hernandez, yang menorehkan rekor sebagai pemain Los Azulgrana yang paling banyak menjuarai La Liga.

Sebelumnya, Xavi Hernandez telah berada pada level yang sama dengan Pep Guardiola (tiga gelar sebagai pemain dan tiga sebagai pelatih), Bakero ( dua bersama Real Sociedad dan sisanya bersama Barcelona), dan Julio Salinas ( dua dengan berseragam Athletic Bilbao dan empat bersama Los Azulgrana) pada musim 2010/11. Namun, Xavi jauh lebih unggul daripada para pendahulunya itu karena menorehkan enam gelar hanya bersama satu klub, Barcelona, dan semuanya sebagai pemain.

Xavi pun menambah koleksi gelar juara liganya dengan membantu Barcelona menjuarai La Liga 2012/13. Torehan itu menahbiskan Xavi sebagai pemain Barcelona yang paling banyak menjuarai La Liga sepanjang masa dengan catatn tujuh gelar liga  (1999, 2005, 2006, 2009, 2010, 2011, dan 2013);.

Selain itu, dengan keberhasilan menjuarai La Liga 2012/13, maka Xavi juga menorehkan rekor lain sebagaiu pemain Spanyol yang paling banyak meraih gelar. Ia total telah mengumpulkan 24 piala di sepanjang kariernya sejak memulai debut pada Piala Super Spanyol melawan Mallorca, 18 Agustus 1998.

Di sepanjang kariernya sebagai pemain profesional, Xavi Hernandez telah berhasil mempersembahkan tujuh gelar La Liga, lima Piala Super Spanyol, tiga Liga Champion, dua Copa del Rey, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Klub untuk Barcelona. Raihan itu masih harus ditambah lagi dengan keberhasilan Xavi menjuarai satu Piala Dunia dan dua Piala Eropa bersama tim nasional Spanyol.


Editor : Syamsul Arif


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X