Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fernando Alonso Lolos Sanksi

By Eky Rieuwpassa - Jumat, 17 Mei 2013 | 00:43 WIB
Fernando Alonso
Getty Images
Fernando Alonso

Selepas memenangi balapan di sirkuit Catalunya, Fernando Alonso diinvestigasi oleh pengawas lomba karena mengambil bendera negara Spanyol dari marshal saat menjalani victory lap setelah finis.

Tindakan Alonso tersebut termasuk yang dilarang oleh FIA dan tertulis dalam Sporting Regulations pasal 43.3, yang berbunyi: “Setelah menerima tanda berakhirnya balapan semua mobil harus langsung menuju ke parc ferme pascabalapan tanpa penundaan yang tidak perlu, tanpa menerima objek apapun dan tanpa bantuan (kecuali dari marshal jika diperlukan).”

Namun akhirnya stewards (pengawas lomba) memutuskan untuk tidak menghukum tindakan Alonso tersebut. Tidak hanya itu, Alonso juga sempat terancam gagal meraih kemenangan keduanya di musim 2013 karena diketahui setelah menjalani pitstop terakhirnya di lap 49 pada salah satu ban dari mobil F138 Alonso terdapat sobekan kecil akibat menginjak puing yang tersebar di trek.

“Kami harus melakukan pitstop terakhir lebih awal karena kebocoran kecil secara perlahan membuat ban belakang kiri kehilangan tekanan di bagian akhir lap,” Alonso menjelaskan setelah balapan. “Untungnya, itu tidak berpengaruh pada hasil akhir balapan.


Editor : Eky Rieuwpassa


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X