Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Thibaut Courtois Peraih Zamora Trophy Termuda

By Verdi Hendrawan - Senin, 3 Juni 2013 | 03:10 WIB
Thibaut Courtois
Javier Soriano/Getty Images
Thibaut Courtois

Kiper muda Atletico Madrid, Thibaut Courtois, berhasil meraih gelar sebagai kiper paling sedikit mengalami kebobolan pada musim 2012/13. Hal ini membuat dirinya berhak untuk menyandang gelar Zamora Trophy untuk musim 2012/13.

Thibaut Courtois yang merupakan kiper pinjaman dari Chelsea itu berhasil membawa Atletico Madrid menempati posisi ke-3 tabel klasemen akhir La Liga dengan penampilan gemilangnya di sepanjang musim 2012/13. Ia hanya kebobolan sebanyak 29 kali dalam 37 penampilannya dan menjadi yang terbaik diantara semua kiper yang berlaga di La Liga.

Courtois juga menjadi kiper termuda yang berhasil meraih penghargaan ini pada usia 21 tahun dan mengalahkan mantan kiper Sporting Gijon, Juan Carlos Ablanedo yang pertama kali meraih gelar tersebut di musim 1984/85 saat berusia 22 tahun.

Courtois menjadi kiper Atletico berikutnya yang menjadi pemenang gelar ini setelah Jose Francisco Molina memenangkannya pada musim 1995/96. Hal ini juga sekaligus menghentikan raihan yang selalu diterima oleh kiper Barcelona, Victor Valdes, dalam empat musim terakhir.

Penghargaan ini diambil dari nama kiper legendaris Spanyol yang pernah membela Espanyol dan Real Madrid, Ricardo Zamora dan hanya diberikan kepada kiper yang bermain setidaknya dalam 28 pertandingan di La Liga sepanjang musimnya.


Editor : Verdi Hendrawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X