Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Korsel, Irak Tantang Uruguay di Semifinal

By Okie Prabhowo - Senin, 8 Juli 2013 | 00:54 WIB
Para pemain Irak, rayakan gol ke gawang Korea Selatan.
Getty Images
Para pemain Irak, rayakan gol ke gawang Korea Selatan.

20 setelah mengalahkan Korea Selatan pada Perempat final di Kadir Has Sehir Stadi, Turki, Minggu (7/7) WIB. Korsel kalah dalam drama adu penalti 4-5 dari Irak setelah bermain imbang 3-3 dalam laga normal 2x45 menit dan extra time 2x15 menit.

Irak meraih gol pertama pada menit ke-21 hasil torehan Ali Faez Atiyah melalui titik penalti. Penalti didapat setelah Ali Adnan dijatuhkan Hyun Kim di dalam kotak terlarang.

Korea Selatan berhasil membalas gol tersebut dengan gol yang diciptakan Chang-Hoon Kwon (25'). Lemparan ke dalam jauh ke dalam kotak penalti yang dilakukan Sang-Min Sim disambar Chang-Hoon Kwon dengan tandukan kepala. Bola ditempat di pojok kiri bawah gawang yang dijaga kiper Mohammed Hameed.

Irak kembali unggul pada menit ke-42 melalui gol yang diciptakan Farhan Shukor. Tendangan Ali Qasim di dalam kotak penalti ditepis kiper Chang-Geun Lee. Bola muntah kemudian disambar Shukor dan bola mendarat di dalam gawang Korsel. Hingga babak pertama berakhir skor masih sama 2-1 untuk keunggulan Irak atas Korsel.

Babak kedua berjalan lima menit, Korsel dapat membuat skor imbang 2-2. Gol dicetak Gwang-Hoon Lee, pemain pengganti Sang-Woo Kang pada akhir babak pertama, melalui tandukan kepala setelah menerima umpan lambung Chang-Hoon Kwon dari sepak pojok.

Hingga laga normal 2x45 menit berakhir skor masih imbang 2-2. Pertandingan dilanjutkan ke babak pertambahan waktu 2x15 menit.

Pada babak pertama extra time, Korsel memiliki beberapa peluang. Salah satu kesempatan yang diperoleh yaitu Chang-Min Lee menendang keras bola dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil tendangannya berhasil dihalau kiper Hameed.

Babak kedua extra time Korsel kembali memiliki peluang emas. Tendangan bebas Chang-Hoon Kwon yang melengkung dari sayap kanan masih bisa ditepis Hameed.

Irak justru dapat mencetak gol melalui Farhan Shukor tepatnya menit ke-118. Berawal dari lemparan ke dalam yang jauh ke kotak penalti lalu terjadi kemelut di depan gawang. Shukor menyambar bola yang bebas. Irak 3-2 Korea Selatan.

Namun, Korsel tidak menyerah begitu saja. Menit terakhir Hyun-Cheol Jung, yang baru masuk dua menit menggantikan Chang-Hoon Kwon, menendang keras bola dari luar kotak penalti. Bola hasil tendangannya sempat mengenai kepala pemain Irak dan masuk ke dalam gawang.


Editor : Okie Prabhowo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X