Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Seperti Menyaksikan Brasil

By Riemantono Harsojo - Senin, 15 Juli 2013 | 13:34 WIB
Peksi Cahyo (BOLA)

media internasional tentang partai yang berkesudahan 7-0 untuk Arsenal.

Situs media Inggris, The Sun, membuat judul Indonesia All Star 0 Arsenal 7 untuk pertandingan yang disaksikan sekitar 50 ribu penonton itu.


Salah satu tulisan yang menarik dari The Sun berkaitan dengan penampilan tim Indonesia adalah "Tim Impian mengejar bayangan tetapi mereka melewati babak pertama tanpa hasil memalukan -- sebelum amukan dimulai setelah Wenger menurunkan para pemin senior seperti Podolski, Giroud, dan Tomas Rosicky."


Hal menarik lain yang ditulis The Sun, "Tim Impian yang tidak berpengalaman mendapatkan cemooh yang tidak sepantasnya dari penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno saat mereka keletihan menghadapi tim Premier League."


Situs lain asal Inggris, The Guardian membuat laporan antara lain: "Pertandingan ini benar-benar sebuah eksibisi dan semua orang datang untuk menyaksikan Arsenal. Penonton lokal memasang spanduk-spanduk dan bernyanyi, dan mereka bahkan dengan jelas melakukan serangan kasar kepada Robin van Persie..."


Pada bagian lain The Guardian menulis, "Tim Impian Indonesia sangat sama seperti tim nasional Indonesia. Dan mereka dilatih oleh orang Brasil bernama Jacksen F. Tiago."


Kabar pertandingan ini juga ditayangkan oleh situs Bangkok Post. Media asal Thailand tersebut membuat judul: "Seperti menyaksikan Brasil."


Bangkok Post menyebut penampilan Arsenal di SUGBK seperti Brasil karena mengenakan seragam kuning biru dan bermain seperti juara dunia lima kali saat menghancurkan Tim Impian Indonesia 7-0 pada start mereka di Tur Asia.

Bangkok Post juga sedikit mengaitkan hasil 7-0 ini dengan kemenangan 1-0 Singha Thailand All Stars atas klub lain Premier League, Manchester United, pada Sabtu lalu.

Tidak seperti saat Belanda mengalahkan Indonesia 3-0 pada Juni lalu, situs sepak bola terdepan di Negeri Kincir Angin, Voetbal International, tidak menyinggung pertandingan Indonesia Dream Team melawan Arsenal pada ringkasan berita hari Minggu (14/7).


Berkaitan dengan Indonesia Voetbal International malah menampilkan kabar tentang kepindahan pemain bertahan Belanda yang berkarier di Indonesia, Kristian Adelmund, yang telah berpindah klub dari Persepam Madura United ke PSS Sleman. Setidaknya ada juga media di Eropa yang mencermati pemain asal negeri mereka yang berkarier di Indonesia.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X