Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lawan Tim Besar, Jacksen Ambil Pelajaran Berharga

By Kukuh Wahyudi - Kamis, 18 Juli 2013 | 18:01 WIB
Jacksen F. Tiago (tengah), bersama tim pelatih.
Kukuh Wahyudi/Bolanews
Jacksen F. Tiago (tengah), bersama tim pelatih.

tim besar asal Eropa menjadi pembelajaran tersendiri bagi pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F. Tiago. Bagi pelatih asal Brazil tersebut, permainan tim seperti Belanda dan Arsenal dapat menjadi bahan referensi dirinya untuk meracik strategi tim.

Saat menghadapi Belanda, Jacksen melihat permainan Robin van Persie cs. tak terpaku dalam satu skema. Semua pemain dapat mengisi pos yang kosong dalam lapangan.

"Fleksibilitas taktik menjadi catatan tersendiri buat saya," ujar Jacksen F. Tiago di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (18/7).

Berlanjut kala laga menghadapi Arsenal, tujuh gol yang bersarang ke gawang Kurnia Meiga dikatakan Jacksen bukan murni kesalahan penjaga gawang, Kurnia Meiga. Keaktifan para pemain dalam mencari ruang kosong juga menjadi biang keladi kekalahan telak tersebut.

"Pergerakan tanpa bola juga dapat menyulitkan pertahanan kami. Hal itu juga menjadi bahan perbincangan dengan pemain saat meeting class room kemarin. Dua hal tersebut yang menjadi catatan buat saya," tutur Jacksen.


Editor : Kukuh Wahyudi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X