Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Susul Hendra/Ahsan ke Final

By Tulus Muliawan - Sabtu, 10 Agustus 2013 | 23:39 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Adek Berry/AFP/Getty Images
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menyusul langkah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ke Final Kejuaraan Dunia 2013. Di semifinal, Tontowi/Liliyana sukses membungkam Cina lewat pertarungan tiga gim, Sabtu (10/8) malam WIB.

Tontowi/Liliyana langsung tancap gas saat pertandingan baru dimulai. Pasangan nomor tiga dunia itu berhasil membuat pasangan Zhang Nan/Zhao Yunlei kesulitan mengembangkan permainan.

Sayangnya, Zhang/Zhao mampu bangkit dan balik memimpin perolehan angka. Dengan dukungan penuh publik Tianhe Indoor Gymnasium, peraih emas Olimpiade London 2012 itu memenangi gim pertama dengan 21-15.

Kekalahan di gim pertama membuat Tontowi/Liliyana panas. Pertarungan sengit kembali tersaji di gim kedua. Kombinasi pukulan menyilang dan smash dari Tontowi berulang kali menyulitkan Cina.

 Akhirnya, Tontowi/Liliyana sukses membungkus kemenangan pada gim kedua dengan skor 21-18. Kemenangan di gim kedua menyulut semangat Tontowi/Liliyana untuk tampil lebih maksimal. Buktinya jelas terlihat saat juara Singapura Terbuka 2013 itu meninggalkan Cina 10-5.

Zhang/Zhao yang mulai kehilangan tenaga justru melakukan sejumlah kesalahan, termasuk keluar lapangan tanpa meminta izin kepada wasit. Akhirnya, kartu kuning diberikan kepada mereka.

Insiden kartu kuning itu berhasil dimanfaatkan Tontowi/Liliyana untuk mencuri poin. Cina semakin kesulitan mengejar Indonesia saat durasi pertandingan mencapai 60 menit.

Akhirnya, gim ketiga kembali dimenangi Tontowi/Liliyana dengan skor meyakinkan, 21-13. Dengan kemenangan ini, Tontowi/Liliyana akan tampil menghadapi seteru abadinya, Xu Chen/Ma Jin (Cina), yang lolos usai menekuk Shin Baek Choel/Eom Hye Won (Korea).



Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X