Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aremania Bikin Bendera Sepak Bola Terbesar di Asia

By Riemantono Harsojo - Rabu, 4 September 2013 | 12:56 WIB
Arema FC

Kelompok pendukung Arema Indonesia, Aremania, mewujudkan mimpi mereka menjadi suporter kelas dunia. Salah satu cara yang ditempuh kelompok pendukung klub asal Malang itu adalah dengan membuat bendera sepak bola terbesar di Asia atau terbesar kedua di dunia.

Bendera sepak bola tersebut dikerjakan secara spartan oleh para Aremania. Bendera itu berukuran 45 x 75 meter. Bendera sepak bola terbesar di Asia itu digarap dengan dua paduan teknik gambar, blocking cat sablon dan air brush.


Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mengerjakan bendera tersebut dan sekitar 100 orang untuk mengibarkan bendera yang memiliki bobot kurang lebih 200 kilogram itu. Yang unik adalah jika diakumulasi panjang total jahitan pada bendera tersebut kurang lebih 5 kilometer dan dijahit hanya oleh seorang ibu yang dibantu suaminya di daerah Batu, Jawa Timur.


Bendera sepak bola terbesar di dunia dibuat oleh suporter klub Nacional, Uruguay, yakni 600 x 50 meter.


"Bagi Arema Indonesia FC, kami bermimpi, kami berjuang membawa Arema Indonesia ke dunia internasional. Kami ingin Arema Indonesia lebih bergema di mata dunia." Demikian siaran pers Aremania yang diterima redaksi Bolanews.com.

"Yang perlu dimaknai dari isi pesan bendera tersebut “Footbal for hope and better life”, perwujudan Satu Jiwa Aremania yang penuh dengan solidaritas dan persaudaraan sepak bola menjadikan harapan hidup lebih baik di semua sisi kehidupan."


Untuk bisa mencuri perhatian dunia, Arema berjuang agar bendera sepak bola terbesar di Asia bikinan mereka itu dapat diliput oleh media-media internasional seperti CNN, BBC Sport, Al Jazerra, dan Rio News Brazil. Karena itu, siaran pers Aremania soal bendera terbesar ini dibuat dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Portugis.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X