Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Ban Kempes Warnai Perjuangan Rio Haryanto

By Dwi Widijatmiko - Minggu, 8 September 2013 | 03:47 WIB
Rio Haryanto, membalap dengan dua ban kempes.
Dwi Widijatmiko/BOLA
Rio Haryanto, membalap dengan dua ban kempes.

Masalah ban ikut berperan membuat pebalap Indonesia, Rio Haryanto, kembali gagal mendulang poin dalam lanjutan balap GP2, yang akhir pekan ini menggelar seri Italia.

Dalam feature race atau balapan sesi pertama, Sabtu (7/9), pebalap tim Barwa Addax itu hanya finis di urutan ke-14 dengan catatan waktu 48 menit 36,314 detik.

Start dari posisi ke-12, Rio sempat terlempar sampai peringkat 19 pada lap-lap awal. Namun, Rio kemudian pelan-pelan berhasil memperbaiki posisi ke urutan ke-6 pada lap ke-18.

Saat itu Rio melakukan pitstop dan posisinya anjlok lagi sampai akhirnya finis di urutan ke-14. Usai balapan, Rio mengungkapkan masalah yang mengganggunya.

"Beberapa lap sebelum pitstop, ban kanan depan dan kiri belakang kempes. Keterbatasan aturan pemakaian ban membuat saya tidak bisa segera melakukan pitstop. Baru pada lap 18 saya melakukan pitstop," kata Rio.

Dalam balap GP2, setiap pebalap hanya diizinkan memakai 4 set ban (2 hard, 2 medium) sepanjang sesi kualifikasi dan race. Sudah memakai satu set ban hard saat insiden ban kempes terjadi, Rio harus menunggu sebelum mengganti ban ke medium. Kalau diganti terlalu dini, ban medium ditakutkan tidak kuat dipakai menyelesaikan lomba.

Satu set ban hard yang lain sengaja tidak dipakai karena akan digunakan untuk sprint race alias balapan sesi kedua pada Minggu (8/9). Peluang Rio meraih poin dari sesi ini masih ada.


Editor : Dwi Widijatmiko


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X