Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ketahuan Hisap Gas Tertawa, Kyle Walker Minta Maaf

By Ade Jayadireja - Senin, 9 September 2013 | 09:14 WIB
Kyle Walker
Reuters
Kyle Walker

Tim nasional Inggris diganggu kabar kurang mengenakkan menjelang laga kualifikasi Piala Dunia 2014 kontra Ukraina, Selasa (10/9). Terungkap fakta bahwa salah satu pemain mereka, Kyle Walker, menghisap nitrous oxide atau biasa dikenal dengan nama Gas Tertawa.

Surat kabar Inggris, Sunday Mirror, pada Minggu (8/9) merilis foto Kyle Walker yang sedang menghisap Gas Tertawa melalui sebuah balon. Diyakini foto itu diambil ketika si pemain sedang berpesta di klub malam pada Juni lalu.

Sadar tindakannya tidak benar, Walker meminta maaf kepada publik. Ia sendiri kini sedang bersama pasukan The Three Lions untuk mempersiapkan laga melawan Ukraina.

"Saya sekarang sadar akan risiko kesehatan dan saya menerima bahwa tindakan saya buruk. Saya berharap hal ini sama sekali tidak mempengaruhi atau menimbulkan risiko terhadap kesehatan orang lain," ucap defender Tottenham Hotspur itu di Sportsmail.

Gas Tertawa merupakan zat ilegal yang hanya digunakan untuk tujuan pengobatan. Dokter biasa menggunakannya untuk menghilangkan rasa sakit seorang pasien.

Penghisap Gas Tertawa akan merasakan euforia dan halusinasi. Namun, penggunaan jangka panjang bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

"Bahaya jangka panjang bagi kesehatan adalah penekanan sumsum tulang, masalah sel darah, dan keracunan di sistem saraf pusat," tutur Danny Lee-Frost dari Badan Pengatur Obat dan Kesehatan Inggris.

"Pasokan nitrous oxide untuk inhalasi dan rekreasi benar-benar ilegal dan hanya dapat diberikan atas seizin apoteker yang terdaftar. Vendor melakukan pelanggaran jika menjual atau memasok obat farmasi ini tanpa di bawah kendali seorang apoteker," imbuhnya.


Editor : Ade Jayadireja


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X