Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timor Leste Ambisi Puncaki Klasemen

By Tulus Muliawan - Senin, 16 September 2013 | 22:00 WIB
Timor Leste

19 di tangan. Di atas kertas, Timor tak akan menemui kesulitan, karena lawan yang mereka hadapi, Jumat (17/9) di stadion Petrokimia, Gresik, adalah tim terlemah di Grup A, Filipina.

Kendati begitu, Pelatih Timor Leste Norio Tsukitate mengingatkan agar anak buahnya tak meremehkan lawan. “Filipina tetap bisa menjadi batu sandungan. Anak-anak harus tetap fokus dan memenangkan pertandingan tersebut,” katanya.

Norio memang mengantisipasi perubahan yang terjadi pada Filipina. Pasalnya, tak lolos ke semifinal bisa jadi membuat Filipina bertanding tanpa beban. Karena itu, ia tak ingin anak buahnya bermain di bawah performa yang mereka miliki.

Meski sulit bagi pesaing terdekatnya (Singapura) untuk menggeser posisi Timor dari peringkat kedua klasemen, Singapura masih punya kans. Dengan catatan, mereka menang dengan margin 6 gol, sementara Timor tumbang di tangan Filipina, plus Timor tak mencetak gol.

Saat ini, Timor menempati posisi kedua dengan nilai tujuh, hasil dari dua kali menang, sekali seri. Mereka memasukkan tujuh gol, kemasukan tiga gol (+4). Sementara Singapura yang akan bertanding lawan Kamboja bertengger di peringkat tiga dengan empat poin. Singpura memasukkan empat gol, kemasukan lima gol (-1).

Kubu Timor sendiri sangat optimistis mampu memenangi pertandingan lawan Filipina. Maklum, Secara kualitas, kedua tim cukup timpang. Sejauh ini, Filipina belum mengantongi sebiji poin pun, alias nol. Apalagi mereka sangat berambisi menjadi pemuncak klasemen. Ya, Timor bisa menggeser posisi Laos di peringkat pertama jika memenangkan pertandingan ini. Mereka akan mengantongi 10 poin, sementara Laos yang sudah tak punya sisa pertandingan mentok hanya sembilan poin. “Kami yakin menang,” kata Nathaniel de Jesus Reis, kapten Timor.

Sementara itu di pertandingan lain di grup yang sama, setelah tumbang di tangan Timor Leste 1-3, Kamboja membuat kejutan besar ketika menggundul Filipina 4-1 di pertandingan keduanya di Piala AFF U-19 Grup A. Kini mereka membidik kemenangan keduanya saat bertemu Singapura, Jumat (17/9) di stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Pelatih Kamboja berharap, anak asuhnya bisa mempertahankan tren positif yang mereka tampilkan kala mengandaskan Filipina. “Anak-anak telah menunjukkan kinerja bagus sejauh ini. Mereka sudah melupakan kekalahan di pertandingan pertama. Seharusnya, mereka bisa bermain lebih baik saat bertemu Singapura,” katanya.

Ia menilai, kekuatan Singapura di Piala AFF kali ini relatif seimbang dengan timnya. Karena itu, jika tampil dengan performa terbaiknya, ia yakin anak asuhnya mampu mengulang hasil bagus di pertandingan ini. “Secara kualitas, kami nyaris sama. Kami sama-sama kalah sekali dan menang sekali. Saya rasa pertandingan ini akan berjalan ketat,” jelasnya.


Editor : Fahrizal Arnas


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X