Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ryan Giggs Pecahkan Rekor di Liga Champion

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 3 Oktober 2013 | 11:14 WIB
Ryan Giggs
Getty Images
Ryan Giggs

Walau tidak mencetak gol dan tampil sebagai pemain pengganti, Ryan Giggs tetap sukses mencetak rekor baru di pentas Liga Champion. Pemain veteran Manchester United ini sukses menjadi pemain yang tampil terbanyak di ajang Liga Champion.

Dengan 145 penampilan Ryan Giggs berhasil melewati catatan Raul Gonzalez yang bermain sebanyak 144 laga. Catatan tersebut termasuk dengan hitungan babak kualifikasi.

Sementara itu, di putaran final Giggs masih butuh tampil setidaknya empat pertandingan lagi agar dapat melewati rekor yang masih dipegang Raul. Gelandang impresif Manchester United ini memainkan debut pertamanya bersama skuat utama pada Maret 1991 dan di Liga Champion sudah 20 tahun yang lalu pada September 1993.

Selama ini Giggs sudah dua kali memberikan gelar Liga Champion untuk Manchester United. Pada 1999 United menjadi kampiun usai mengalahkan Bayern Muenchen di partai final. Pada 2008 yang tampil sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol penentu kemenangan Man. United dalam drama adu penalti di final Liga Champion melawan Chelsea.

"Benarkah? Wow. Saya tidak tahu. Liga Champion adalah kompetisi besar dan saya cukup beruntung dua kali memenanginya dan memainkan banyak pertandingan mengesankan," kata Giggs.

"Ada begitu banyak pemain yang pernah bermain di kompetisi ini dan Raul salah satu di antara yang terbaik. Ia memiliki rekor gol yang hebat dan telah tiga kali menjadi pemenang. Jika saya bisa melewati catatannya, maka akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya," ucapnya.

Penampilan ke-145 gelandang yang sudah berusia 39 tahun ini terjadi saat United bermain imbang melawan Shakhtar Donetsk di Donbass Arena. Giggs masuk pada menit ke-66 untuk menggantikan Marouane Fellaini. Torehan rekor Giggs tersebut tertunda karena di pertandingan pertama saat Manchester United menang atas Bayer Leverkusen di Old Trafford, David Moyes tidak memainkan Giggs.

Sebagai manajer David Moyes menjadi bagian dan ikut andil dalam pencapaian Giggs di dunia sepak bola. "Ini fantastis. Saya berkata kepadanya bahwa akan memainkannya sebagai pengganti. Ini adalah rekor luar biasa dan Ryan adalah pemain yang luar biasa," puji Moyes.

Penampilan terbanyak di Liga Champion (termasuk babak kualifikasi)
Ryan Giggs 145
Raul Gonzalez 144
Paolo Maldini 140
Xavi Hernandez 139
Clarence Seedorf 131
Iker Casillas 131

Penampilan terbanyak di Liga Champion (putaran final)
Raul Gonzalez 142
Ryan Giggs 139
Paolo Maldini 136
Xavi Hernandez 133
Iker Casillas 129




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X