Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Hempaskan Sembilan Pemain Laos 4-0

By Oka Akhsan M. - Selasa, 8 Oktober 2013 | 22:36 WIB
Muchlis Hadi Ning Syaifullof, sumbang dua gol buat Indonesia.
Herka Yanis/Bolanews
Muchlis Hadi Ning Syaifullof, sumbang dua gol buat Indonesia.

19 membuka laga perdana Grup G kualifikasi Piala Asia U-19 dengan gemilang. Skuat besutan pelatih Indra Syafri itu sukses membekap Laos 4-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Garuda Jaya mengawali laga dengan baik. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh langsung membawa Indonesia memimpin 1-0 pada menit ke-10. Ia mencetak gol lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan tendangan bebas kapten Evan Dimas.

Laos hampir menyamakan kedudukan lima menit berselang. Lewat sebuah umpan terobosan, Phithack Kongmathilath bebas melakukan tembakan di dalam kotak penalti. Beruntung, bola sepakannya yang sudah tak bisa diantisipasi kiper Ravi Murdianto hanya membentur tiang gawang.

Meski lebih mendominasi permainan, Indonesia kesulitan mendapatkan peluang. Lini pertahanan Laos dengan mudah mengantisipasi setiap serangan Indonesia yang monoton dan gampang terbaca. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda.

Selepas turun minum, Laos bermain lebih agresif demi menyamakan kedudukan. Namun, alih-alih mencetak gol, gawang mereka justru kembali kebobolan pada menit ke-50.

Muchlis mencetak gol kedua dalam pertandingan tersebut lewat skema yang ciamik. Menerima umpan terobosan Evan Dimas, penyerang berusia 18 tahun itu melepaskan bola lob yang sulit dijangkau kiper Laos, Bounpaseuth Niphavong.

Dua menit kemudian, Laos harus bermain dengan 10 orang setelah Kongmathilath mendapat kartu merah langsung dari wasit usai melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Indonesia. Derita Laos semakin bertambah pada menit ke-81 setelah kembali kehilangan satu pemain yang diusir wasit sehingga terpaksa bermain dengan sembilan orang.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Indonesia untuk mencetak gol tambahan. Setelah Paulo Oktavianus Sitanggang mencetak gol ketiga pada menit ke-85, pesta gol Indonesia ditutup Evan Dimas yang ikut menyumbangkan gol pada masa injury time.

Kemenangan telak atas Laos mengantar Indonesia memuncaki klasemen sementara bersama juara bertahan, Korea Selatan, yang sebelumnya juga menang 4-0 atas Filipina.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X