Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wilshere Tolak Keinginan FA Naturalisasi Januzaj

By Eko Widodo - Rabu, 9 Oktober 2013 | 05:37 WIB
Adnan Januzaj, kegemilangannya membuat FA tertarik untuk menaturalisasi dirinya.
John Peters/Getty Images
Adnan Januzaj, kegemilangannya membuat FA tertarik untuk menaturalisasi dirinya.

Football Association (FA) , yang merupakan induk sepak bola Inggris, memiliki rencana menaturalisasi pemain muda Manchester United, Adnan Januzaj, untuk dapat menjadi bagian dari tim The Three Lions. Namun, keinginan FA untuk menaturalisasi pemain asal Belgia itu tidak mendapatkan dukungan dari gelandang yang kini bermain bagi Arsenal, Jack Wilshere.

Bagi Wilshere, Januzaj yang kini telah menetap di Inggris dalam lima tahun terakhir dan belum pernah membela tim nasional senior Belgia itu, tidak dapat menjadikan pemain berusia 18 tahun itu sebagai orang Inggris.

"Jika Anda telah tinggal di Inggris selama lima tahun, itu tidak dapat menjadikan Anda sebagai orang Inggris," tutur Wilshere kepada The Independent.

"Bagi saya jika Anda orang Inggris, maka Anda adalah orang Inggris dan Anda bisa bermain untuk Inggris. Jika saya pergi ke Spanyol dan tinggal di sana selama lima tahun, saya tidak akan bermain untuk (timnas) Spanyol," tambahnya.

Namun, kini permasalahan yang tengah dihadapi FA adalah berkurangnya jumlah pemain Inggris di kompetisi Premier League karena tersingkirkan oleh pemain asing, yang membuat jalan untuk menaturalisasi pemain asing menjadisalah satu hal yang sangat mungkin dilakukan.

Maka, bila FA akan menjadikan jalan ini sebagai salah satu pemecahan masalah di sepak bola Inggris, maka bukan tidak mungkin asosiasi sepak bola tertua di dunia itu akan menaturalisasi Januzaj.

Januzaj sendiri yang hingga saat ini belum pernah membela Belgia di semua level, dikarenakan sang pemain merupakan keturunan Albania dan Republik Kosovo yang sempat mempersulit dirinya untuk membela tanah kelahirannya itu sejak di level junior.


Editor : Verdi Hendrawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X