Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Market Cina adalah Prioritas NBA

By Eko Widodo - Senin, 14 Oktober 2013 | 11:51 WIB
Klay Thompson, sangat yakin Golden State Warriors akan terkenal di Cina.
Getty Images
Klay Thompson, sangat yakin Golden State Warriors akan terkenal di Cina.

David J. Stern, komisioner NBA, tengah menikmati perjalanan terakhirnya sebagai Komisioner dalam NBA Global Games 2013. Sebab, Februari tahun depan ia akan menyerahkan kursi kepemimpinan kepada Adam Silver.

Pergelaran NBA Global Games lewat laga internasional pertama kali digelar pada 1978. Saat itu Washington Bullets (sekarang Washington Wizards) terbang ke Israel menghadapi Maccabi Tel Aviv. Enam tahun kemudian (1984), Stern diangkat menjadi Komisioner NBA.

Setelah itu, NBA menjadi semakin global. Sampai tahun ini, tak kurang dari 150 laga sudah digelar di seluruh dunia.

Selain Eropa, Stern melihat tak ada yang mengalahkan pasar bola basket di Cina. Negara berpeduduk 1,3 miliar ini menyimpan potensi pasar yang luar biasa.

"Cina adalah pasar penting. Kami senantiasa memberikan perhatian terhadap pembukaan pasar baru, termasuk di Cina," kata Stern.

Untuk global gim 2013, Stern mengatur Golden State Warriors dan LA Lakers berangkat ke Cina. Mereka akan bertanding di Beijing dan Shanghai.

Warriors di San Francisco memiliki pasar besar warga keturunan Asia. Kebanyakan mereka tinggal di San Francisco Bay Area. Warriors membuat web berbahasa Cina dan juga memiliki account di Weibo, pelayanan microblogging terbesar di Cina.

Kobe Bryant juga sangat terkenal di Cina. Penjualan jerseynya masih dalam tiga besar di Cina di bawah Derrick Rose dan LeBron James. Kobe memang tidak akan bermain, namun ia akan datang.

Menurut Klay Thompson dan Harrison Barners, apa yang ditunjukkan oleh fans di Cina sungguh luar biasa. "Antusiasme mereka mengagumkan. Saya yakin kami akan mendapatkan dampak luar biasa dari kunjungan ini," kata Thompson.


Top 10 Selling Jerseys in China for the 2012-13 season: 
                  
1. Derrick Rose, Chicago Bulls    
2. LeBron James, Miami Heat
3. Kobe Bryant, Los Angeles Lakers
4. Jeremy Lin, Houston Rockets  
5. Kevin Durant, Oklahoma City Thunder
6. Dwyane Wade, Miami Heat
7. Blake Griffin, Los Angeles Clippers  
8. Ricky Rubio, Minnesota Timberwolves
9. Steve Nash, Los Angeles Lakers
10. Chris Paul, Los Angeles Clippers


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X