Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19 Masih Cari yang Lebih Dari Ravi

By Kukuh Wahyudi - Minggu, 3 November 2013 | 21:04 WIB

19 dalam dua ajang sekaligus pada tahun ini patut diapresiasi. Posisi kiper yang ditempati Ravi Murdianto menjadi posisi vital dalam kinerja tim secara keseluruhan.

Berikut petikan wawancara Kukuh Wahyudi dari Harian BOLA dengan Pelatih Kiper, Jarot Supriadi, terkait persiapan posisi kiper dalam pemusatan latihan timnas yang dimulai pada 9 November di Batu, Jawa Timur.

Bagaimana persiapan posisi kiper menjelang Piala Asia 2014?
Persiapan kiper untuk ajang Piala Asia 2014 kami mulai dari awal lagi. Pencapaian di Kualifiaksi Piala Asia lalu itu kan merupakan puncak penampilan Ravi Murdianto, jadi kondisinya saat ini pasti di bawah lagi. Kami akan memulai dari nol kilometer lagi.
Persiapan kali ini juga kami integrasikan dengan persiapan tim. Kami tetap mengikuti tiga fase latihan timnas yang telah dirancang.

Bagaimana peluang kiper yang selama ini sudah berada dalam tim?
Pencapaian Ravi dan dua rekannya patut kami apresiasi. Namun, untuk selanjutnya kami sebagai pelatih tak bisa menjamin posisi Ravi sebagai pemain inti. Dalam perkembangannya pasti ada perbedaan pada kemampuan mereka. Itu yang akan menjadi dasar penilaian kami.

Menurut anda, siapa diantara dua kiper itu yang terbaik?
Sampai saat ini Ravi masih menjadi yang terbaik. Dia selalu menjadi pilihan utama sejak Piala AFF. Namun, posisi dia juga masih belum aman.

Apa saja kekurangan mereka yang masih harus dibenahi?
Menurut saya pribadi, kemampuan Ravi dan dua kiper lainnya masih belum lengkap. Saya memaklumi kondisi itu karena mereka masih muda. Kelemahan yang mereka miliki akan kami coba perbaiki.

Apa masih perlu mencari tambahan kiper lagi?
Selama ini kami selalu berpatokan mencari pemain yang terbaik, termasuk kiper. Meski kemampuan Ravi semakin membaik dari hari ke hari, tetapi kami tetap mencari pemain yang kemapuannya melebihi Ravi.

Kriteria seperti apa yang dicari?
Kurang lebih sama halnya dengan pemain yang posisi lain, yakni seperti fisik, skill, dan mental yang baik. Namun, untuk selanjutnya tim yang bisa menilai. Kriteria yang baik itu bisa ditanyakan kepada pemain yang berada dalam satu tim. Jika mereka merasa aman, maka kiper itu cukup baik.

Apa timnas sudah mempunyai database kiper yang selama ini belum masuk tim bila nantinya dibutuhkan kiper lagi?
Sama halnya dengan posisi lain juga. Kami mempunyai beberapa nama kiper yang sudah ada rekam jejaknya.

Seberapa penting peran kiper dalam strategi tim?
Sangat penting posisi kiper dalam tim. Selain menjadi pintu terakhir dalam pertahanan tim, mereka menjadi awal dalam serangan tim. Posisi seperti itu sangat terlihat bila menerapkan skema serangan balik. Distribusi bola kepada pemain sangat menentukan akhir dari skema itu.


Editor : Kukuh Wahyudi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X