Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sayang Harapan Tuan Rumah Andy Murray Cedera

By Eko Widodo - Selasa, 5 November 2013 | 13:32 WIB
Juan Martin Del Potro, siap mengejutkan di Grup B.
Getty Images
Juan Martin Del Potro, siap mengejutkan di Grup B.

Performa Andy Murray sangat menjanjikan usai menjuarai Wimbledon 2013. Ia menjadi public darling di Barclays ATP World Tour Finals 2013 di O2 Arena, London. Sayangnya, Murray harus mundur karena pemulihan cedera. Posisinya digantikan petenis Prancis, Richard Gasquet. Siapakah public darling London sekarang?

Ada dua nama, Rafael Nadal dan Novak Djokovic. Nadal di peringkat pertama ATP sementara Djokovic di urutan kedua. Keduanya dipisahkan di Grup A dan Grup. Jika bisa mengatasi runner-up grup silang, final antara Nadal versus Djokovic adalah partai paling seru di penghujung tahun.

Nadal di grup A memiliki rekor bagus terhadap para lawan. Stanislas Wawrinka misalnya. Keduanya sudah bertemu 11 kali dengan rekor 11-0 untuk Nadal. Wawrinka adalah debutan di event ini.

Dengan Tomas Berdych, rekor Nadal 16-3. Sedangkan dengan David Ferrer, rekornya 21-10. Ferrer adalah lawan berat sebab pernah ke final 2007 dan sampai ke final Roland Garros 2013. Jika tak ada kejutan Nadal dan Ferrer mewakili grup A.

Bagaimana dengan grup B?

Grup B sepintas memang berat dan berimbang. Biarpun hanya berperingkat 7, Roger Federer memiliki enam titel juara di turnamen ini. Federer lolos di turnamen ini 12 kali berturutan menyamai rekor Ivan Lendl. Rekor head to head Federer dengan Djokovic adalah 16-14.

Kontestan berat lain di grup B bagi Djokovic adalah Juan Martin Del Potro. Rekor mereka 10-3 untuk 10-3. Del Potro sedang on fire dengan menjuarai empat turnamen ATP 500. Ia sekarang berperingkat lima dan prestasi terbaik grand slam adalah semifinal wimbledon.

Bagaimana dengan rekor terhadap Richard Gasquet? Rekor mereka 9-1 untuk keunggulan Djokovic. Gasquet pernah tampil di event ini tahun 2007 saat digelar di Shanghai. Setelah absen enam tahun, Gasquet tampil lagi di London.

Dari grup ini, tiga nama yang layak lolos adalah Djokovic, Federer, dan Del Potro. Jika harus disaring dua nama, Djokovic dan Del Potro adalah kandidat kuat. (LIHAT GRAFIS-GRAFIS DI BAWAH FOTO)

Order of Play Selasa (5/11)


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X