Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peran Penting Flamini, Si Gilberto Silva Baru

By Selasa, 5 November 2013 | 17:55 WIB
Mathieu Flamini
Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Mathieu Flamini

Akhir pekan ini, Minggu (10/11), Premier League kembali menggelar partai akbar antara Manchester United vs Arsenal di Old Trafford. Lini tengah akan menjadi pusat pertarungan. The Gunners berharap muka baru tapi lama berjuluk Kopral Kecil, Mathieu Flamini, bisa tampil sebagai penyeimbang.

Cedera pangkal paha Flamini diperkirakan sembuh pada hari laga kontra United itu. Arsenal tentu saja berharap gelandang asal Marseille itu sudah bisa kembali merumput pada akhir pekan ini.

Peran penting Flamini di lini tengah Gunners mengejutkan sejak menjalani debut keduanya di derbi London Utara awal September silam. Tak pelak sang arsitek, Arsene Wenger, berdoa agar si Kopral Kecil mampu diturunkan untuk menaklukkan merahnya Old Trafford.

Kehadirannya di Emirates memang menuai kontroversi ketika Wenger memutuskan memulangkannya kembali, terlebih kala itu nama Mesut Oezil belum disebut-sebut. Cemoohan langsung menghujani.

Namun, Flamini membuktikan kemampuannya ketika masuk menggantikan Jack Wilshere pada derbi London Utara. Peran jangkar yang dulu sempat diisi Gilberto Silva kini kembali tampak lewat keahlian Flamini.

Tak jauh berbeda dengan ketika Flamini tiba di Emirates lagi, Gilberto juga mengalami hal serupa. Banyak fan yang meragukan keahlian gelandang asal Brasil itu. Namun, Gilberto membuktikan sebagai pemain yang sangat sentral di Arsenal.

Gilberto mengisi peran yang tak mudah dengan mengalirkan bola-bola yang berfungsi untuk menstabilkan tempo. Passes completed Gilberto berasal dari simple pass-nya yang berkontribusi tinggi terhadap kestabilan tempo Arsenal.

Di Arsenal peran jangkar pengatur tempo sangat dibutuhkan. Sejak kehilangan Gilberto dan Patrick Vieira, praktis Arsenal belum punya sosok pas menggantikan keduanya. Umpan sukses yang selalu dikirimkan Gilberto menunjukkan dirinya sebagai seorang pengantar bola yang andal.

Sosok itu kembali hadir dalam diri seorang Flamini. Terlebih lagi, Kopral Kecil memiliki kemampuan membaca permainan lawan yang baik ditandai dengan persentase intersepnya.

Bagaimana peran Mathieu Flamini di Arsenal dan bagaimana preview big match Manchester United vs Arsenal Minggu nanti?
(Temukan sajian lengkapnya di Mingguan BOLA edisi 2535, 7-13 November)


Editor :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X