Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serial Pemain Timnas Indonesia - Maulwi Saelan

By Dominico Tri Sujatmoko - Jumat, 8 November 2013 | 12:26 WIB
Maulwi Saelan
Dokumentasi BOLA
Maulwi Saelan

Putih di berbagai ajang antarnegara. Tiap masa dan periode memiliki tingkat kesuksesan sendiri. Di sini FourFourTwo Indonesia memilih 83 serdadu sepak bola Indonesia yang kami anggap terkemuka. Tak ada metode khusus untuk menentukan siapa yang mesti masuk dalam daftar ini. Hanya rasa hormat mendalam yang jadi landasannya.

Maulwi Saelan - Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Agustus 1928

Saelan adalah kiper sekaligus kapten timnas di era 1954-1958. Ia turut mengantar Indonesia hingga meraih peringkat empat di Asian Games 1954 dan meraih perunggu di Asian Games 1958. Salah satu aksi terbaiknya adalah mengawal gawang Merah-Putih hingga akhirnya tak kebobolan saat bersua Uni Soviet di leg pertama babak perempat final Olimpiade Melbourne 1956. Selain itu, ia juga harus tampil satu panggung dan beradu kuat dengan kiper terbaik dunia pada masa itu, Lev Yashin.

Dari laporan beberapa surat kabar di Tanah Air yang meliput pertandingan bersejarah tersebut (untuk pertama kalinya timnas tampil di Olimpiade), Saelan berulang kali menggagalkan peluan – peluang yang diraih para pemain Uni Soviet, seperti Boris Tatushin, Igor Netto dan Sergei Salnikov (Dua nama terakhir baru sukses menjebol gawang Saelan pada laga ulangan yang dilangsungkan dua hari kemudian dan Indonesia kalah 4-0). Di babak kedua, Saelan bahkan sempat terkapar saat berjibaku menyelamatkan gawangnya. Hanya saja, ribuan pasang mata yang menyaksikan langsung laga tersebut dan sudah kepincut dengan aksi – aksi Saelan di babak pertama, langsung meneriakkan nama Saelan dan memintanya untuk bangkit.

“Samar-samar, saya mendengar para penonton meneriakkan nama saya. Saya pun tidak mau menyerah dan terus melanjutkan pertandingan. Padahal, dokter tim kala itu sudah menyuruh saya untuk digantikan,” ujar Saelan.

 

Artikel ini ditulis oleh Achmad Lanang & Martinus Raya dan dimuat oleh FourFourTwo Indonesia edisi April 2013.

Ikuti segala perkembangan terbaru tentang sepak bola di @FFT_Indonesia.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X