Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2013

By Tulus Muliawan - Minggu, 10 November 2013 | 20:45 WIB
Marc Marquez
Jose Jordan/Getty Images
Marc Marquez

Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2013 setelah bersaing ketat dengan rival terdekatnya, Jorge Lorenzo, di Valencia, Minggu (10/11) malam WIB. Kendati hanya finis di posisi ketiga, Marquez berhak meraih gelar juara karena perolehan poinnya unggul di atas Lorenzo.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo tersebut, Marquez mengawali balapan dengan kurang baik. Akibatnya, posisi terdepan langsung direbut Lorenzo, yang start dari posisi kedua. Dani Pedrosa membuntuti Lorenzo di posisi kedua, sedangkan Marquez ketiga.

Di awal balapan, persaingan ketat justru terjadi antara Lorenzo dan Pedrosa. Kedua pebalap saling berebut posisi terdepan hingga delapan lap pertama. Bahkan, keduanya sempat bersenggolan hingga membuat posisi keduanya melebar di tikungan terakhir.

Keadaan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Marquez untuk memimpin balapan. Rookie MotoGP 2013 itu dengan tenang mengambil posisi terdepan dari Lorenzo. Namun, keadaan itu tak bertahan lama. Lorenzo kembali merebut posisi terdepan di lap ke-10.

Sementara itu, persaingan di papan tengah melibatkan Valentino Rossi dan Alvaro Bautista. Kedua pebalap itu terlibat persaingan ketat untuk menduduki posisi keempat. Pedrosa juga turut meramaikan persaingan setelah terlempar di lap kedelapan.

Seri terakhir di MotoGP 2013 ini tutur diramaikan perang strategi antar tim. Sejak awal balapan, Pedrosa nampak lebih aktif "mengganggu" Lorenzo dari posisi kedua. Cara tersebut cukup ampuh untuk melindungi Marquez di posisi tiga.

Tak mau kalah dengan Honda, Yamaha juga menerapkan strategi cerdik. Lorenzo sengaja memperlambat laju motornya agar para pebalap di belakangnya "menumpuk", sehingga kemungkinan tabrakan yang melibatkan Marquez bisa terjadi.

Selain itu, strategi Lorenzo juga diterapkan agar para pebalap di belakang Marquez punya peluang untuk menyusul Marquez, sehingga membuatnya finis di luar posisi empat besar.

Meski Lorenzo telah menerapkan strategi cerdik, Marquez tetap sulit dibendung. Lorenzo berhasil menghabiskan 30 lap di posisi terdepan, namun gelar juara dunia tetap menjadi milik Marquez, yang finis di posisi ketiga. Sementara posisi kedua diduduki Pedrosa.

Hasil lengkap MotoGP Valencia

Pos Pebalap   Tim     1   LORENZO   Yamaha 2   PEDROSA   Repsol Honda 3   MARQUEZ   Repsol Honda 4   ROSSI     Yamaha Factory 5   BAUTISTA  Honda Gresini 6   BRADL     LCR Honda 7   SMITH     Yamaha Tech 3 8   HAYDEN    Ducati 9   DOVIZIOSO Ducati  10  PIRRO M.  Ducati 11  ESPARGARO Electronics Aspar


Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X