Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kesalahan di Buku Autobiografi Ferguson

By Arief Kurniawan - Senin, 18 November 2013 | 13:40 WIB
Sir Alex Ferguson
PA
Sir Alex Ferguson

Autobiografi Sir Alex Ferguson memang laku keras di pasaran. Meski demikian, buku berjudul Alex Ferguson: My Autobiography itu tak lantas luput dari kesalahan.

Pasca dirilis pada 21 Oktober lalu, beberapa pembaca mulai mengeluhkan ketidakakuratan yang terdapat di buku Sir Alex Ferguson. Tercatat ada 45 kesalahan di dalam buku tersebut.

Salah satu kesalahan adalah mengenai masa bakti Roy Keane. Di buku tertulis bahwa mantan gelandang Republik Irlandia itu memperkuat Setan Merah selama 11 tahun, padahal yang sebenarnya adalah 12 tahun.

Di buku tersebut juga dikatakan Ryan Giggs melakoni debutnya di United saat usia 16 tahun. Sesungguhnya Giggs pertama kali tampil berseragam merah pada usia 17 tahun.

Hodder and Stoughton selaku penerbit, merasa bertanggung jawab. Mereka siap mengganti uang yang telah dikeluarkan oleh para pembaca.

"Saya minta maaf jika Anda merasa bahwa uang yang Anda keluarkan untuk buku itu tidak berharga. Jika Anda bersedia mengirimkan buku kepada saya di alamat kantor pusat kami, kami akan mengembalikan pengeluaran Anda dan ongkos kirim," ucap  CEO Hodder and Stoughton, Jamie Hodder-Williams, seperti dikutip Daily Mail.

"Kami bahkan telah melalui beberapa tahap pemeriksaan terhadap buku ini dengan membacanya bersama spesialis pengecek fakta. Kami sedang mengoreksi dan akan dimasukkan dalam cetak ulang di masa mendatang," imbuhnya.

Autobiografi Ferguson menjadi best seller di Inggris. Satu pekan setelah diluncurkan, buku yang bercerita tentang pengalaman Fergie selama menjadi pelatih United itu telah terjual sebanyak 115.547 eksemplar.


Editor : Ade Jayadireja


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X