Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19 Butuh Lebih Banyak Zat Besi

By Arief Kurniawan - Kamis, 21 November 2013 | 20:19 WIB
Timnas U-19 di Batu, terbentur cuaca dingin.
Dwi Ari Setyadi/bolanews
Timnas U-19 di Batu, terbentur cuaca dingin.

Kondisi Evan Dimas Darmono dan Muhammad Hargianto yang sebelumnya tumbang karena sakit sudah bisa berlatih lagi pada Rabu (20/11). Kondisi cuaca yang dingin di Batu, Jawa Timur dinilai menjadi faktor penyebab melemahnya kondisi pemain.

Evan sempat maag dan tidak ikut latihan. Hargianto juga alergi dingin dan mengalami mual-mual. "Untuk mereka berdua sudah kami terapi dan sekarang kondisinya sudah membaik. Mereka juga sudah bisa berlatih lagi," kata dokter timnas U-19, Alfan Nur Ashar.

"Penyebab Evan seperti itu karena dia susah makan. Apalagi setelah dia diopname beberapa hari lalu. Cuaca dingin memang membuat kondisi tubuh menjadi turun dan rentan sakit dan berisiko besar terkena gangguan pernapasan seperti asma. Ada beberapa pemain juga yang sempat mengeluhkan asma sedikit," lanjutnya.

Kini Alfan lebih ketat dalam memantau kesehatan pasukan Indra Sjafri itu. Pasalnya pada fase pertama dalam pelatnas ini, kebugaran tubuh menjadi fokus utama.

"Sekarang saya tekankan pemain untuk aktif dalam menjaga kesehatan tubuh masing-masing. Saya sudah memberikan suplemen yang mengandung zat besi. Hal itu untuk menambah haemeglobin. Untuk saat ini, hal itu yang paling penting. Suplemen lainnya belum saya berikan untuk para pemain," tutur dokter kelahiran Yogyakarta, 17 September 1982 itu.


Editor : Kukuh Wahyudi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X