Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jangan Keliru Membaca Rekor Pole Position di MotoGP

By Arief Kurniawan - Minggu, 9 April 2017 | 15:11 WIB
Marc Marquez kini memimpin raihan pole position dari semua kelas.
motogp.com
Marc Marquez kini memimpin raihan pole position dari semua kelas.

Pole position yang diraih oleh Marc Marquez menempatkannya sebagai pebalap dengan rekor terbanyak di GP Motor. Dia kini berada di depan Jorge Lorenzo. Tapi jangan keliru membaca data soal rekor pole ini.

GP Motor (MotoGP, Moto2, Moto3) memang selalu menggabungkan pencapaian seorang pebalap dari ketiga kelas itu. Apakah untuk gelar juara dunia atau pole position.

Pole yang didapat Marquez di GP Argentina hari Sabtu (8/4) kini menempatkannya di tempat teratas dengan koleksi 66, sementara Lorenzo 65. Namun bila mengacu pada data murni di MotoGP, Marquez sesungguhnya masih tertinggal satu dari Lorenzo, 38 berbanding 39. Legenda Australia, Mick Doohan masih teratas untuk urusan ini, yakni 58 pole, diikuti oleh Valentino Rossi 54, dan pebalap Australia lain, Casey Stoner 39.

Seri berikut, GP Americas, adalah teritori Marquez. Seperti halnya di Termas de Rio Hondo di mana dia selalu mencatat pole setiap kali balapan di sana, di Americas pun begitu. Bila Marquez meraih pole lagi, maka khusus di MotoGP akan tercipta catatan kembar tiga, di mana Stoner, Lorenzo, dan Marquez sama-sama mengoleksi 39 pole.

Pole Position MotoGP
Mick Doohan   58
Valentino Rossi   54
Casey Stoner   39
Jorge Lorenzo   39
Marc Marquez   38
Pole Position Semua Kelas
    Total   MotoGP/500cc   Moto2/250cc   Moto3/125cc
Marc Marquez   66   38   14   14
Jorge Lorenzo   65   39   23   3
Valentino Rossi   64   54   5   5


Editor :
Sumber : Dari Berbagai Sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X