Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sepeda Baru Raisa dan 7 Lagu Indonesia Menyoal Sepak Bola

By Segaf Abdullah - Minggu, 12 Maret 2017 | 14:48 WIB
Catatan laga sepakbola Indonesia
Catatan laga sepakbola Indonesia

Musik dan olahraga, khususnya sepak bola, menjadi dua hal yang cukup erat kaitannya. Setiap 9 Maret atau bertepatan dengan tanggal lahir komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman, negeri ini memperingati Hari Musik Nasional.

Jamuan Presiden Joko Widodo kepada musisi-musisi Indonesia di Istana Negara menjadi satu momen menarik pada Kamis (9/3/2017). Bahkan, penyanyi cantik Raisa Andriana mendapatkan hadiah sepeda dari sang presiden setelah ditunjuk untuk bernyanyi.

Lupakan sejenak Raisa dan sepeda barunya, di Indonesia khususnya, musik dan olahraga boleh dibilang cukup terkait di berbagai sektor.

Dari segi bisnis, mudah saja kita temui sudut-sudut pertokoan yang menjajakan kebutuhan olahraga dan alat-alat musik sekaligus dalam satu tempat.

Jika kita mengacu ke sisi psikologis, menurut Health Tips 101, musik dalam olahraga berfungsi sebagai perangsang tubuh dan pemberi tambahan energi untuk bergerak.

Tidak salah makanya jika para atlet menjadikan musik sebagai asupan mereka beberapa jam sebelum berlaga.

Tengok saja kebiasan para atlet sepak bola yang baru menuruni bus tim mereka untuk memasuki stadion, hampir bisa dipastikan setiap pemain yang turun masih menyumpal telinga mereka dengan earphone atau headphone.

Mengerucut ke soal musik dan sepak bola, kedua aspek tersebut memang dikenal dekat selama ini. Yel-yel dari para suporter yang ditujukan untuk klub kesayangan, misalnya.

Ada pula para musisi yang jarang absen menyaksikan klub idolanya di stadion bahkan menanam saham di klub kesayangannya tersebut.

Hingga beragam musik tema yang kerap kita dengar dalam setiap hajatan turnamen sepak bola dunia.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X