Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Analisis Tes MotoGP Sepang (1): Maverick Vinales vs Valentino Rossi

By Arief Kurniawan - Kamis, 2 Februari 2017 | 22:10 WIB
Maverick Vinales (kiri), untuk sementara mengungguli Valentino Rossi dalam perang antara pebalap Yamaha.
Movistar Yamaha MotoGP
Maverick Vinales (kiri), untuk sementara mengungguli Valentino Rossi dalam perang antara pebalap Yamaha.

Banyak cerita menarik dari hasil tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia (30 Jan.-1 Feb.). Dari soal persaingan antarpebalap dalam satu tim hingga inovasi sebagai pengganti winglet. 

Untuk yang pertama, tim Juara.net mengulas persaingan antara dua pebalap tim Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales vs Valentino Rossi. Dalam banyak hal, saat ini, Vinales memang lebih unggul dibanding The Doctor. Walau begitu, ini baru tes pramusim pertama di tahun 2017. Masih ada dua tes lagi di Phillip Island dan Losail, untuk membuktikan apakah Vinales konsisten lebih cepat daripada Rossi atau tidak.

Inilah perbandingan data mereka:

Overall speed
- Vinales 1:59.368 (peringkat 1)
- Rossi 1:59.589 (peringkat 6)
Selisih +0.221 (Vinales)

Hari pertama
- Vinales 2:00.129 (peringkat 3)
- Rossi 2:00.694 (peringkat 8)
Selisih +0.565 (Vinales)

Hari kedua
- Vinales 1:59.858 (peringkat 2)
- Rossi 2:00.254 (peringkat 4)
Selisih +0.396 (Vinales)

Hari ketiga
- Vinales 1:59.368 (peringkat 1)
- Rossi 1:59.589 (peringkat 5)
Selisih +0.221 (Vinales)

Dari kecepatan tunggal (single lap) ini Vinales terlihat unggul telak atas Rossi. Namun perlu juga dicatat bahwa Rossi terus memperbaiki waktunya, sejak hari pertama hingga ketiga sekaligus memperkecil selisih dia terhadap Vinales. Lagipula pada hari pertama Rossi mengalami sakit kepala sehingga penampilannya tidak maksimal.

Bagaimana dengan kecepatan rata-rata?
Baik Vinales maupun Rossi tidak pernah melakukan simulasi mini lomba 10 lap atau lebih secara beruntun selama tiga hari tes. Mereka melakukan maksimal 9 lap. Namun bila dipilih secara acak 10 lap terbaik di antara keduanya, lalu diambil kecepatan rata-ratanya, Vinales pun masih unggul. Bahkan, kecepatan rata-rata yang dimiliki Vinales itu adalah yang terbaik di antara semua pebalap, bukan hanya terhadap Rossi.
- Vinales 1:59,628
- Rossi 2:00.339
Selisih +0,711 (Vinales)

Yang menyimpulkan Vinales vs Rossi ini ternyata seorang Marc Marquez. Katanya, "Untuk saat ini Vinales jelas lebih cepat dari Rossi. Tapi begitu musim berjalan semua bisa berubah."


Editor :
Sumber : MotoGP.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X