Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Total Footballer dari Cruyff ke Messi

By Anju Christian Silaban - Kamis, 26 Januari 2017 | 10:35 WIB
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi, berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Las Palmas dalam laga di Camp Nou, Sabtu (14/1/2017)
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi, berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Las Palmas dalam laga di Camp Nou, Sabtu (14/1/2017)

 Pelatih Barcelona, Luis Enrique, memberikan frase menarik untuk mendeskripsikan Lionel Messi, yaitu total footballer.

"Berkat kematangan diri, Messi tidak diragukan lagi sudah mengalami evolusi sepak bola. Dia berubah dari sekadar pencetak gol menjadi total footballer," tutur Enrique.

Istilah tersebut sempat melekat dalam diri legenda Barcelona, Johan Cruyff. Sebab, pria asal Belanda itu dikenal sebagai inisiator gaya total football.

Beda hal dengan sebutan total footballer dari Enrique untuk Messi. Sang bintang dideskripsikan sebagai pesepak bola paripurna.

"Messi mampu melakukan apa pun baik ketika menyerang maupun bertahan. Dia bisa mengeksploitasi kelemahan lawan," ucap Enrique.

"Dia juga bisa memeragakan permainan satu atau dua sentuhan. Dia begitu memahami di mana harus berlari saat menerima bola atau bagaimana bermain tanpa bola," kata sang pelatih.

Baca Juga:

Perkembangan Messi sebagai pemain komplet bisa terlihat dari pergeseran posisi. Pada awal karier, dia hanya diplot sebagai pemain sayap kanan.

Demi memaksimalkan ketajaman Messi, Josep Guardiola sempat memberikan posisi striker utama kepada pemain asal Argentina itu.

Adapun di tim nasional, pemain berusia 29 tahun itu beberapa kali mengambil lakon gelandang serang di belakang striker atau penyerang lubang.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Transfermarkt, Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X