Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala Afrika 2017 Tidak Kalah Gemerlap dari Piala Eropa

By Kamis, 12 Januari 2017 | 05:53 WIB
Striker Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, mengejar bola saat melawan Burkina Faso dalam laga Grup A Piala Afrika 2015 di Stadion Bata, Bata, pada 17 Januari 2015.
CARL DE SOUZA/AFP
Striker Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, mengejar bola saat melawan Burkina Faso dalam laga Grup A Piala Afrika 2015 di Stadion Bata, Bata, pada 17 Januari 2015.

Piala Afrika jelas bukan Piala Eropa. Bahkan benuanya pun berbeda. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada pemain-pemain yang berdomisili di Eropa berlaga di turnamen itu. Justru sebagian besar para pelakon adalah mereka yang merumput di liga-liga beken Eropa.

Penulis: Dian Savitri

Dari semua pemain yang berlaga di Piala Afrika tahun ini, 31 orang di antaranya bermain di Ligue 1 Prancis. Liga selanjutnya dengan kontribusi terbanyak adalah Premier League Inggris dengan 23 pemain.

Memang bukan kejutan kalau pemain Afrika banyak yang bermain di Prancis. Bahkan, yang mengalami naturalisasi menjadi warga Prancis pun sangat banyak. Ingat tim nasional Prancis?

Tidak hanya dari sisi pemain. Banyak pelatih berdarah Prancis yang bekerja di sepak bola Afrika. Misalnya tahun ini di Gabon, empat orang pelatih berasal dari Prancis.

Hubungan antara Afrika dan Prancis sudah dimulai sejak invasi negara itu ke Afrika pada abad ke-8. Sejarah selanjutnya adalah pedagang-pedagang asal Prancis yang mengeksplorasi Afrika pada abad ke-14 dan 15.

Bahkan sampai abad ke-20 pun hubungan itu terus berlanjut, walau tidak dalam bentuk kolonialisasi.

Saking kompleksnya hubungan antara Prancis dengan bekas koloninya di Afrika, sampai timbul istilah Francafrique.

Baca Juga:

Bahkan, pada 1998, Perdana Menteri Prancis waktu itu, Francois Mitterand, mengatakan, “Tanpa Afrika, Prancis tidak akan memiliki sejarah pada abad ke-21.” Komentar itu tertuang dalam artikel yang dimuat di situs The Culture Trip.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.732


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X