Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liverpool Minim Rotasi di Tengah Jadwal Padat

By Sabtu, 7 Januari 2017 | 14:42 WIB
Gelandang serang Liverpool, Philippe Coutinho, melakoni sesi latihan di Melwood Training Ground, Liverpool, 13 Mei 2016.
ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES
Gelandang serang Liverpool, Philippe Coutinho, melakoni sesi latihan di Melwood Training Ground, Liverpool, 13 Mei 2016.

Setelah sukses mencatat dua kemenangan, rangkaian laga festive period harus diakhiri Liverpool dengan hasil imbang 2-2 kontra Sunderland, Senin (2/1/2017). Efek kelelahan atau murni kesalahan sang manajer, Juergen Klopp?

Penulis: Wieta Rachmatia

Berdasarkan data yang dirilis situs Liverpool Echo, Liverpool merupakan klub Premier League dengan jadwal pertandingan paling padat kedua sejak Natal hingga pergantian tahun.

Statistik memperlihatkan, The Reds harus melalui tiga partai dalam kurun waktu 143,75 jam. Mereka kudu menghadapi Stoke City (27/12) dan Manchester City (31/12), sebelum bertandang ke markas Sunderland.

Jadwal penampilan Liverpool selama festive period tergolong lebih padat jika dibandingkan dengan tiga klub penghuni posisi empat besar lainnya. Manchester City punya waktu 167,75 jam guna melakoni tiga partai. Arsenal 198,75 jam, sedangkan Chelsea, yang berada di puncak klasemen, bisa melalui ketiga duel dalam kurun waktu 223 jam.

Anak buah manajer Antonio Conte tersebut tentunya punya waktu lebih banyak untuk beristirahat ketimbang Daniel Sturridge cs. Di sisi lain, Klopp juga selayaknya bertanggung jawab atas performa kurang maksimal pasukannya ketika tampil di Stadium of Light.

Pasalnya, manajer asal Jerman ini nyaris tidak melakukan perombakan tim dalam tiga penampilan terakhir. Dengan alasan ingin menjaga ritme permainan di tengah padatnya jadwal laga, Klopp hanya melakukan satu pergantian amunisi saat berhadapan dengan Sunderland.

Ia hanya memasukkan Daniel Sturridge guna menggantikan Jordan Henderson, yang mengalami cedera. Liverpool merupakan satu-satunya klub yang berlaga pada Sabtu hingga Senin pekan ini yang hanya melakukan satu perubahan anggota tim.

Namun, kenyataannya Liverpool tak mampu menyuguhkan ritme permainan yang sama walau tampil dengan skuat yang hampir serupa seperti saat menaklukkan Stoke City 4-1 serta Manchester City 1-0.

Sementara itu, Klopp mengakui Sunderland mampu memberikan perlawanan kuat terhadap timnya.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X