Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kemenpora Keluarkan Rekomendasi Naturalisasi Ezra Walian

By Segaf Abdullah - Selasa, 3 Januari 2017 | 13:36 WIB
 Pemain muda Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Ezra Walian, mengibarkan bendera Merah Putih dan diunggah ke Instagram pribadinya, Sabtu (3/12/2016).
INSTAGRAM @EZRAWALIAN
Pemain muda Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Ezra Walian, mengibarkan bendera Merah Putih dan diunggah ke Instagram pribadinya, Sabtu (3/12/2016).

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sudah mengeluarkan rekomendasi agar striker blasteran Indonesia-Belanda, Ezra Harm Ruud Walian (19), segera dinaturalisasi.

Hal itu tertuang dalam surat yang disodorkan Kemenpora kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) guna menindaklanjuti surat dari KONI Pusat.

Surat bernomor 2270/UMM/XII/2016 tertanggal 28 Desember 2016 itu menerangkan bahwa Kemenpora menyambut baik dan mendukung keinginan Ezra Walian untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

"Dengan hormat disampaikan bahwa Kemenpora pada prinsipnya menyambut baik dan sangat mendukung keinginan atlet yang bersangkutan (Ezra Walian) untuk menjadi WNI," begitu yang tertulis dalam surat yang ditandatangani Menpora Imam Nahrawi.

Sebelumnya, Ezra memang diundang PSSI dalam laga ekshibisi bersama tim Munial Sport Group (MSG) di lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2016) sore WIB.

Pada kesempatan tersebut, Ezra mengungkapkan keinginannya untuk membela timnas Indonesia kelak. Namun, saat ini, pemain kelahiran Amsterdam itu mengaku masih fokus bermain untuk tim junior Ajax Amsterdam, Jong Ajax.

Jika jadi dinaturalisasi tahun ini, Ezra tentu memiliki peluang untuk membela Indonesia U-22 pada ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, 19-31 Agustus mendatang.

Diketahui, darah Indonesia Ezra mengalir dari ayahnya, Glenn Walian, yang asli Manado, Sulawesi Utara. Sedangkan sang ibu yang kini telah tiada, Linda Bosch, merupakan warga negara Belanda.

Ditilik lebih jauh, kakek Ezra dari sang ayah juga merupakan orang Manado. Sementara neneknya asli Pulau Bangka.

[video]http://video.kompas.com/e/5268168007001_v1_pjuara[/video]


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Kemenpora.go.id


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X