Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Timnas Indonesia, Jangan Pernah Puas di Usia Emas

By Sabtu, 24 Desember 2016 | 01:21 WIB
Gelandang Indonesia, Andik Vermansah, berupaya mengontrol bola pada semifinal leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1.
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Gelandang Indonesia, Andik Vermansah, berupaya mengontrol bola pada semifinal leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1.

Rasanya pencinta sepak bola sudah paham berapa usia emas seorang pesepak bola. Pelatih kawakan dan penuh pengalaman Arsene Wenger pernah menyebut bahwa usia emas pesepak bola ialah 27-31 tahun.

Penulis: Ferry Tri Adi

Pada 2015, Arsene Wenger mengomentari penampilan salah satu andalannya, Mesut Oezil, menyentuh persoalan usia emas.

“Saat ini, Oezil berusia 27 tahun, yang merupakan usia emas pesepak bola. Usia emas pesepak bola itu antara 27-31 tahun di mana tahu tugas-tugasnya,” kata pelatih asal Prancis itu di Sky Sports.

"Ketika di bawah 25 tahun, Anda berpikir bisa bertahan selamanya. Namun, saat berusia 27 tahun, Anda menyadari sekarang saatnya memanfaatkan apa yang telah dipelajari dan lebih efisien. Anda menyadari bahwa tiba waktunya tidak hanya bermain, tapi juga untuk menang," ucapnya.

Sepakat dengan pernyataan Sang Profesor, perhitungan UEFA soal usia emas menyimpulkan antara umur 26-27 tahun berdasarkan data skuat juara Euro sejak edisi 1980 hingga 2004.

Lompat bicara ke timnas Indonesia, tak sedikit penggawa Piala AFF 2016 sedang dalam usia emas. Setidaknya ada 14 nama yang masih dalam masa kejayaan jika dipercaya kembali berlaga di Piala AFF 2018.

Alasan hanya Piala AFF yang disebut karena mereka sudah tak bisa membela timnas di SEA Games ataupun Asian Games, yang memakai pemain U-22 dan U-23.

Melihat kondisi itu, sebanyak 14 pemain yang masuk kerangka tim pada 2016 ini harus konsisten dalam performa terbaik mereka hingga minimal dua tahun mendatang. Hal itu dibutuhkan agar timnas tak perlu merombak skuat besar-besaran.

Baca Juga:


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X