Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sadio Mane, Ingin Balas Jasa ke Senegal

By Rabu, 21 Desember 2016 | 15:54 WIB
Pemain Liverpool, Sadio Mane, mencetak gol ke gawang Everton pada masa injury time, dalam laga Premier League di Stadion Goodison Park, Senin (19/12/2016) waktu setempat.
OLI SCARFF/AFP
Pemain Liverpool, Sadio Mane, mencetak gol ke gawang Everton pada masa injury time, dalam laga Premier League di Stadion Goodison Park, Senin (19/12/2016) waktu setempat.

Sebentar lagi Liverpool akan kembali kehilangan seorang pemain terbaiknya. Sadio Mane bakal memperkuat timnas Senegal di Piala Afrika 2017 pada awal tahun depan.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Piala Afrika masuk dalam kalender FIFA. Sesuai aturan FIFA, untuk sebuah turnamen di bawah mereka, pemain harus dilepas klub ke timnas selambat-lambatnya dua pekan sebelum kick-off. Liverpool berarti akan kehilangan Mane selepas festive season.

Absensi itu tidak bisa dicegah Liverpool. Mane sudah ngebet ingin memperkuat Senegal di Piala Afrika bulan depan. Dia berharap pengalaman di Gabon 2017 akan lebih oke daripada di Guinea Ekuatorial dua tahun sebelumnya.

Pada Piala Afrika 2015, yang merupakan Piala Afrika pertama buat Mane, gelandang kelahiran 10 April 1992 itu tidak bisa memberikan performa terbaik.

Mane mengalami cedera otot betis saat memperkuat Southampton menghadapi Arsenal pada 1 Januari 2015. Dia absen pada pertandingan pertama fase grup melawan Ghana.

Mane baru bisa tampil di dua laga berikutnya. Tapi, bermain tidak dalam kondisi terbaik, dia tak bisa mencegah kegagalan Senegal lolos dari fase grup.

Sekarang Mane sudah lebih bagus daripada 2015. Statistik permainan jelas memperlihatkan bahwa performanya saat ini lebih baik dan lebih menentukan dari pada musim lalu ketika ia masih membela Southampton.

Hal itu pula yang membuat Liverpool sebetulnya ogah kehilangan Mane. Apabila Senegal mampu melangkah jauh, Mane bisa absen di tujuh partai penting.

Laga-laga itu adalah kontra Manchester United (14/1), Swansea (21/1), Chelsea (1/2), dan Hull (4/2) di Premier League; babak III Piala FA melawan Plymouth Argyle atau Newport County (7/1); serta dua semifi nal Piala Liga versus Southampton (11/1 dan 25/1).

"Tidak perlu terkejut apabila kami bergerak di bursa transfer pemain menyikapi apa yang terjadi di Piala Afrika," kata Juergen Klopp kepada Guardian. Sang manajer memberikan isyarat bahwa Liverpool bisa tergerak membeli pemain baru seturut kepergian Mane ke Piala Afrika.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No.2.726


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X