Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raja Assist Anyar Si Biru

By Anggun Pratama - Sabtu, 19 November 2016 | 16:30 WIB
Gelandang Chelsea, Nemanja Matic (depan), mendapatkan penjagaan dari pemain Liverpool, Emre Can, dalam lanjutan Premier League di Stadion Anfield, Rabu (11/5/2016) waktu setempat.
PAUL ELLIS/AFP
Gelandang Chelsea, Nemanja Matic (depan), mendapatkan penjagaan dari pemain Liverpool, Emre Can, dalam lanjutan Premier League di Stadion Anfield, Rabu (11/5/2016) waktu setempat.

Adam Lallana, Mesut Oezil, Kevin De Bruyne, atau David Silva, merupakan jawaban standar bila ditanya soal siapa pemain kreatif di Premier League.

Sekarang, ada sosok baru yang menjelma menjadi jagoan assist. Pemain itu adalah Nemanja Matic.

Gelandang bertahan milik Chelsea tersebut sudah membuat lima assist pada Premier League 2016-2017. Jumlah itu sama dengan Philippe Coutinho, Lallana dan rekan setimnya Pedro Rodriguez.

Matic cuma kalah dari De Bruyne yang sudah membuat enam assist. Oezil? Sejauh ini baru sekali membuat assist. Bagaimana dengan Silva? Baru dua assist.

Jumlah assist Matic melejit jauh. Pada sepanjang 2015-2016, dirinya cuma membuat dua assist. Koleksi itu muncul dari total 33 pertandingan.

Baca Juga:

Tentu peran pelatih baru Chelsea, Antonio Conte, tak bisa disepelekan. Dirinya mengubah sistem bermain Chelsea menjadi 3-4-3 dari 4-2-3-1 yang sering dipakai Jose Mourinho musim lalu.

Bila Matic di era Mourinho mendapat peran sebagai gelandang bertahan, kini ia punya peran baru. Conte memberinya izin buat merangsek ke depan, bergantian dengan partnernya di sentral permainan Chelsea, N'Golo Kante. Keduanya memiliki peran sebagai box-to-box.

Sejauh ini, assist Matic hanya terbagi buat dua pemain, yakni Diego Costa tiga kali, dan sisanya buat Eden Hazard.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Whoscored, Football Lineups


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X